Hanggadamai’s Weblog

Ikon

Just Walking In The Park!

Semua Milik Allah

Postingan kali ini, saya buat atas isi Khutbah Jumat di Masjid Al Hurriyah IPB.

Isi khutbah yang saya sampaikan disini hanyalah sebagian yang semata-mata untuk mengingatkan sebagai sesama manusia. Khutbah hari jumat ini berisi tentang semua yang ada di bumi, tempat kita mencari makan, kesenangan dan lain sebagainya adalah milik-Nya. Semua yang kita miliki akan kembali kepada Allah SWT dan akan dipertanyakan. Contohnya harta kita, di akhirat nanti kita akan ditanya apa yang sudah kamu lakukan dengan hartamu? Sudahkah kamu memberi hak kepada yang berhak? Atau jangan-jangan hartamu sudah disalah gunakan.

Harta yang kita miliki di dunia ini mempunyai tiga fungsi:

1. Harta yang kita miliki berfungsi sebagai pengayom dan penjaga kasih sayang antar sesama manusia.

Nabi Muhammas SAW pernah bertanya kepada Fulan bin Fulan, “Manakah yang menurutmu paling membahagiakanmu, harta yang kamu gunakan atau harta yang kamu manfaatkan?” tanya nabi.

“Harta yang saya manfaatkan”, jawab tegas Fulan.

“Maka niscaya engkau akan bermanfaat bagi orang lain. Harta yang kau gunakan belum tentu bermanfaat”.

2. Harta sebagai amanah dari Allah.

Harta yang kita miliki semua dari Allah, saat di dunia kita hanya dititipkan. Jadi pergunakanlahuntuk yang bermanfaat.

3. Harta yang kita punya sekarang merupakan hak fakir miskin.

Jika kita menginginkan rumah di akhirat kelak maka kita harus berinvestasi. Berinvestasi dengan membantu sesama, apalagi untuk fakir miskin.

Yang jelas di dunia ini semua adalah milik-Nya kita hiduppun hanya untuk-Nya. Oleh karena itu kita harus selalu bersyukur kepada Allah SWT. dan satu lagi yang saya dapatkan di khutbah Jumat adalah bahwa yangmenjadikan dunia itu indah da empat hal, yaitu:

1. Ilmunya ulama

2. Pemimpin yang adil dan bijaksana

3. Kedermawannya orang kaya

4. Doanya orang fakir.

Itulah empat hal yang menghiasi dunia sehingga kita masih bisa tersenyum. Tapi jika ke-empat hal itu sudah hilang dari peradaban duniawi maka tunggulah kehancuran dunia yang fana ini. MasyaAllah…

Filed under: Berita, dunia itu fana, ,

47 Responses

  1. ridu mengatakan:

    wew.. hebat gak tidur selama khutbah berlangsung..

    hanggadamai: alhamdulillah mas..

  2. Faradina mengatakan:

    Kalo aku mbangun masjid nanti, mas Hangga aku jadikan ustadznya. Semoga umat selalu mendapat pencerahan. Amin…

    hanggadamai: sya doakan.. amien..

  3. icozya mengatakan:

    saya kok jadi miris dengan keempat hal yang bisa meng-indahkan dunia itu

    cari ke..mana???

    hanggadamai: positif thinking aj bro..

  4. achoey sang khilaf mengatakan:

    perasaan pas tadi pulang jumatan sempet chating
    ternyata Kang Hangga sambil posting juga ya

    berarti pas jumatan ga sambil tidur
    baguuuuuus

    hanggadamai: insyaAllah jgn moe tertidur ..

  5. Bunda Menik mengatakan:

    ternyata kalo hari Jum’at, penyakit anehnya ilang ya?
    Alhamdulillah yaa Robbi…
    *sujud syukur*

    hanggadamai: caranya banyak berdoa,bunda..🙂

  6. regsa mengatakan:

    memang semua itu benar kyayine..

    hanggadamai: insyaAllah

  7. gempur mengatakan:

    4 hal yang membuat dunia bahagia sepertinya gak ada tuh di Indonesia..

    – ilmunya ulama lebih banyak untuk fatwa politik yang tak mencerahkan
    – pemimpin yang adil dan bijaksana itu utopia jauh di negeri awan
    – kedermawanan orang kaya juga seperti mimpi, konglomerasi semakin menghisap, kalo mo nyumbang hanya simbolis dan untuk tujuan ekonomis dan politis, biar keliatan wah dan gagah
    – doanya orang fakir sepertinya juga jarang. banyak yang kere tak tau diuntung, udah syukur bisa hidup di dunia. kasian banget yang satu ini, udah kere di dunia juga kere di akhirat, naudzubillah…

    btw, itu kata teman saya yang frustasi dengan keadaan indonesia loh pak! hehehehehe…

    hanggadamai: tapi sya yakin klo masih ada yg seperti itu, makanya diriku mengajak mas gempur untuk menjadi salah satunya kecuali jadi fakir miskin🙂

  8. Landy mengatakan:

    OOh situ tadi khutbah jum’at toh🙂

    hanggadamai: bukan ane yg khutbah, diriku hanya menjadi pendengar yg baik🙂

  9. daeng limpo mengatakan:

    godaan terbesar muslim pada saat jumatan adalah ngantuk, dan mas Hangga sudah melewatinya….salut. Apa yang mas Hangga uraikan diatas adalah tantangan bagi kita untuk mewujudkannya, kadang saya berpikir apa mungkin terjadi didunia yang semakin panas dan ganas ini???

    **pesimis mode ON**

  10. amicol mengatakan:

    saluut buat mas,
    pertama, karena kuat gak tidur pas dengarin khutbah
    kedua , karena bisa dengarin khutbah sambil posting???🙂
    eh kliru ding, bisa ngapalin khutbahnya terus di posting😛

  11. Malecious Genius mengatakan:

    salut saya sama mas…
    cuma ada beberapa tantangan untuk kita semua..
    1. Ilmunya ulama. sudahkah kita mencoba melaksanakannya?

    2. Pemimpin yang adil dan bijaksana. adakah yang mau dan mampu menjadi pemimpin impian tersebut?? kan biasanya cuman memnuhi salah satu kriteria dari dua saja

    3. Kedermawannya orang kaya. bayar zakat aja mbulet ngga karuan.. apalagi berderma…

    4. Doanya orang fakir. mungkin cuma ini yang masih tersisa bagi indonesia.

    andai saja kita seperti keadaan ketika jaman Rasulullah SAW.🙂

  12. Cabe Rawit mengatakan:

    Cun tangan pak kyai…:mrgreen:

  13. Fakhrurrozy mengatakan:

    Benar Mas Hangga,

    Semua yg kita miliki saat ini hanyalah titipan dari-Nya. Dipergunakan sesuai kebutuhan dan diperuntukkan semata-mata untuk kemaslahatan bersama untuk menggapai ridho-Nya. dan idealnya memang seperti itu.

    Dan sesungguhnya, manusia hanya makhluk yg sekedar menumpang di bumi-Nya…

  14. nurussadad mengatakan:

    kemarin juga jum’atan di al-hurr, tapi …. seperti biasa, tidurrr

  15. wennyaulia mengatakan:

    huks…pak ustadz..😀

  16. mybenjeng mengatakan:

    untung kamu posting disini, jadi yang ngantuk atau tertidur bisa tau kutbah kemaren…🙂

  17. khofia mengatakan:

    saya jadi malu… karena selain isi postingan saya cuman berisi hal2 duniawi yang kebanyakan cabul, belakangan tiap kali pas kotbah jum’at saya teramat sangat sering ketiduran… dan bangun pas do’a penutup…

  18. realylife mengatakan:

    setuju banget, semoga kita semua bisa menyadarinya

  19. Ersis W. Abbas mengatakan:

    Sip, apalagi kata penutupnya bermakna dalam. Semoga terus Jumatan Mas …

  20. Abeeayang™ mengatakan:

    1. ilmunyah ulama: banyak ilmu musnah karena banyak ulama nyang pada meninggal dunia
    2. pemimpin yang adil dan bijaksana: sudah tidak bisa diharapkan lagi karena banyak nya KKN
    3. kedermawanan orang kaya: banyak sekali yang pelit dan menumpuk2 harta
    4. doannya orang fakir: sungguh miris karena doanya hanya agar dia dkasih makan sahaja…
    dan kesimpulannyah….
    kapan yaks kiamatnyah….? 😦

  21. roele mengatakan:

    yup bener tuh… di Indonesia sekarang saya lihat, yang kaya makin kaya yang miskin makin miskin, padahal harta itu adalah amanah dari Allah Swt.

    *tumben ada yang dengerin khutbah jum’at, biasanya pada tidur*😀

  22. zal mengatakan:

    ::Harta itu emang kepunyaan Allah “AKUlah harta yg terpendam” yg ada mah…, cuma sedikit manusia yang menikmatinya yang beredar baru bau-baunya saja…
    ::Ulama, Yang Berilmu Allah bernama Al ‘Ilmu…dan bersifat ‘Ilmu dan kaunuhu ‘aliiman
    ::Pemimpin yg adil “AKUlah pemimpin, Maha Adil lagi Maha Bijaksana…
    ::Allah juga bernama Arrazak….
    ::Do’a orang kafir…siapa melihat siapa kafir…, bahkan diri sendiri jarang yang peduli keberadaannya, meski sering melayat jenazah dan ziarah kubur…
    selama ini ada dunia aman…

  23. theloebizz mengatakan:

    bagus bgt..bahan renungan utk semua…krn terkadang kita suka terlena dgn sgala titipanNya…pdhl Dia pemilik segalanya…sering2 yah..biar hati para pembaca jd seger baca postingan spt ini..😉

  24. chatoer mengatakan:

    sambil dengerin khtubah di masjidnya ada hotspot yah😛

  25. Yari NK mengatakan:

    Betul semua yang ada di dunia dan alam semesta ini milik Allah, kita hanya mendapatkan “hak pakai” saja. Namun bodohnya herannya banyak orang2 yang masih sok berkuasa karena kelebihan harta dan kekuasaannya yang sebenarnya hanya “hak guna” saja!

  26. mutiatun mengatakan:

    sepakat aja…. termasuk kalo ditanya tulang rusuk ini punya syapa??
    ya miliknya yang punya……
    *afwannnn…. lagi pusing nehhh komentnya ga mutu*

  27. maxbreaker mengatakan:

    Wah khotbah yang mencerahkan Mas…🙂
    setuju sekali, harta yang kita miliki memang harus digunakan di jalan Allah.

  28. sarah mengatakan:

    Harta itu memang cuma titipan, harta gag akan kita bawa mati.
    Kecuali amal yang kita perbuat.
    Setujuuu…😀

  29. baladika mengatakan:

    wah serasa masuk kerumah ustadz nih😀

  30. agus rest mengatakan:

    smua kita smua mndpt hidayah-Nya *loh…:mrgreen: *

  31. jenderal mengatakan:

    bagus juga klo postingan kyk gini diperbanyak 🙂

  32. aRya mengatakan:

    setuju…………..!!!
    mank paan ???

  33. ratna mengatakan:

    wah mas, akhir2 ini kan bumi lagi moody banget nih..ampe ngeri juga ngeliat kejadian2nya..apa karena 4 hal itu yg dah ga bisa menghiasi bumi lg kali ya..??
    btw, kayaknya perlu dipertegas doanya orang fakir yg gimana itu..secara banyak jg orang fakir yg ga bener kok.

  34. trijokobs mengatakan:

    tak copy, tak print..
    Insya Allah tak baca…
    terima kasih artikelnya, minggu depan lagi ya..

  35. kaudanaku mengatakan:

    alhamdulillah, mas hangga ga ketiduran. boleh nih tiap jum’atan, khutbahnya diposting.

  36. Nongkrong mengatakan:

    Allahu Akbar…
    Alhamdulillah jika khutbah itu benar-benar dikaji. kadang, yang saya lihat kepala terantuk mengantuk ketika khotib sedang berkhutbah

    Salam damai
    TB

  37. Landy mengatakan:

    Mana yg baru lama amatttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttt, jangan – jangan nikah neh ma penggetar hati , wakakakakaak

  38. missglasses mengatakan:

    wah, salut bisa menyampaikan apa yang ada di khotbah jum’at!

  39. peyek mengatakan:

    do’a nya orang fakir, mudah, cepat dan yang paling mujarab!

  40. realylife mengatakan:

    nyari postingan baru
    belum ketemu
    nyari – nyari

  41. RhyzQ mengatakan:

    bagus anakku…, bagus…

  42. baladika mengatakan:

    bener-bener blog nya bapak kyai nih.. saya jadi malu masuk. maklum sisa2 blog saya masih membekas :”>

  43. akafuji mengatakan:

    semua pasti akan diperhitungkan, tak ada yang tak terhakimi nanti…dimana air mata tak akan ada artinya lagi..

  44. eenx mengatakan:

    Dari 4 hal itu mana yang terwujud di Indonesia?

  45. benazio mengatakan:

    waa bagus juga khutbahnya hehe .

    investasi gw dah berapa yah kira2 ? hmm smoga udah cukup buat bikin tembok ajaibnya dulu hehe .

    hanggadamai: alhamdulillah deh mas klo gitu🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: