Hanggadamai’s Weblog

Ikon

Just Walking In The Park!

Kamu pasti bisa, Bal!!

15 tahun silam adikku, Moch. Arief Iqbal dilahirkan. Iqbal atau biasa kupanggil dengan sebutan Babal, memiliki jelang usia yang cukup jauh sebagai adikku. Beda usia delapan tahun, membuat adikku tersebut menjadi anak yang paling disayang. Tapi hal tersebut tak membuatku iri ataupun merasa tersaingi. Aku ingat sekali, dahulu saat masih kelas 3 SD aku merengek-rengek meminta seorang adik laki-laki agar aku bisa bermain bola dengan adikku.

Aku ingat sekali, aku tak bisa tidur ketika adikku dilahirkan. Sepertiga malam di hari itu, aku tahajud. KepadaNya, aku memohon keselamatan untuk Ibu dan adikku. Entah mengapa adikku tak keluar ketika di bidan, baru setelah dibawa ke rumah sakit Pasar Rebo ia baru brojol.

Masa-masa yang ia jalani, sungguh berbeda denganku. Ia tak menyicipi masa yang begitu menyenangkan sebagai anak seusianya. Maklum kami bukanlah keluarga yang berkecukupan. Tapi aku yakin dia tak merasa terbebani.

Sekarang ia harus berkutat dengan kehidupan mandiri. Anak seusia dia, yang sekarang bersekolah di sekolah menengah tingkat pertama harus hidup sendirian di Jakarta. Mama dan papa harus pulang ke kampung halaman untuk menyelesaikan sesuatu untuk beberapa bulan.

Mencuci, memasak, bangun pagi dan lain-lain ia kerjakan sendirian. Terkadang ia berkunjung ke rumah kakakku untuk bertemu keponakan-keponakanku. Ahhh, aku yakin dia bisa dengan rintangan ini. Hidup tak selalu sesuai dengan yang kita pikirkan.

Minggu depan, ia harus berjibaku  dengan ujian nasional tanpa orang tua disisinya agar bisa lulus dan bisa menapaki masa SMA. Aku yakin, kamu bisa Bal!! Mas hangga yakin Babal pasti bisa melewati masa ini. Cepat atau lambat, kamu pasti mas hangga ajak ke Bogor!!

Bal, jadilah orang yang jauh lebih hebat dari kakakmu ini. Buatlah bangga Papa dan Mama serta mas hangga ini!! Kamu pasti bisa jadi manusia yang sukses di dunia dan akhirat!! Hidup itu adil!! Sekarang kamu merasakan masa sulit, tapi kelak mas hangga yakin kamu akan rasakan bahwa Allah itu Maha Adil!!

Jalani masa ujian nasional ini dengan doa dan ikhtiar, Bal!! Kamu pasti bisa, Bal!! Amiennn

Filed under: aku aneh, aku gembira, aku menangis, Curhat, dunia itu fana

36 Responses

  1. hanggadamai mengatakan:

    mohon doanya kepada teman-teman semua, agar adikku bisa menjalaninya. amien…🙂

  2. Menik mengatakan:

    kalo kakaknya hebat, adiknya pasti bisa juga !🙂

  3. masmoemet mengatakan:

    amien … babal pasti bisa …

  4. Menik mengatakan:

    Buatlah semua orang bangga akanmu Bal.. sama spt masmu yang membanggakan ini..
    tapi gab boleh nakal kaya masmu ya…:mrgreen:

  5. achoey mengatakan:

    Sahabatku
    Sungguh kau adalah kakak yang baik
    Adikmu pasti cerdas dan sangat mandiri
    Gak kebayang anak seusia itu tinggal sendiri
    Dan ternyata dia bisa

    Sahabatku,
    Aku punya adik seusia adikmu
    Dia juga kelas 3 SMP
    Dan hari minggu kemarin kutelepon dia

    Sahabatku,
    Aku jadi ingin pulang kampung
    Kan kuberikan motivasi langsung
    Tapi sepertinya lewat telepon saja

    Sahabatku,
    Salam untuk adikmu

  6. babeh mengatakan:

    weh, kirain ada bencana melanda….., dari penuturanmu, insya Allah, ABAL ga menderita, insya Allah dia senang melakukan semuanya, dia anak yang sabar. Jadi Hangga tidak usah terlalu khawatir, insya Allah, ABAL BISA !!!

  7. babeh mengatakan:

    gara2 soal ABAL, jadi barokah insya Allah, aku jadi bisa mampir kesini lagi setelah sekian lama tak ada sapa diantara kita, hanya karena ESIBUKAN semata (*sok bangeeeet!!!!*) aku bisa melihat bunda menik, masmoemet, ada juga achoey…, mungkin nanti akan ada mas tri, yella, dll… ternyata mereka masih setia.. ngga he he he…, aku ingat saat2 kita sering ngobrol via Confenence, tapi aku lebih sering nonton dan mendengarkan celoteh2 lucu kalian… aku ingat itu semua, lucu n seruuuuu…, apa kabar guuuuuuuysssss ???

  8. fachri mengatakan:

    bi idznillah babal pasti bisa…!

  9. Chic mengatakan:

    wooogh kakak yang baik…:mrgreen:

  10. wahyu mengatakan:

    Yakin aja. P A S T I B I S A

  11. emfajar mengatakan:

    amiiinn semoga sukses UN nya buat babal..

  12. a3u5z1i mengatakan:

    wah… semoga sukses ya^^

  13. fandi88 mengatakan:

    kalo kita berusaha pasti bisa,
    hidup sendiri ga’ selalu jadi beban kog
    kan itu malah ngebuat kita ga’ manja,,
    smoga lulus UN de’ babal,, *sok kenal,,

  14. tukangobatbersahaja mengatakan:

    Pasti bisa kok

    Hebat dan sangat mandiri🙂

    *mengingat diriku sendiri semasa kecil*

  15. ubadbmarko mengatakan:

    Anakku yang gede juga besok UN SMP, mohon doanya ya.

  16. ucii mengatakan:

    wah uci pernah ngekos jg pas kls 3 tpi ga sendiri2 banget, ada kakak😀
    Mas Hangga kakak yang baik yaaa terharu. Pasti bisa, yg ngedoain bnyak kok.. masa ga didenger sama Allah (kata guruku dulu)

  17. Adis mengatakan:

    adik iparku juga lagi mau ujian loh..

  18. isdiyanto mengatakan:

    semangaaaatttttt…

  19. toim mengatakan:

    yah, moga2 aja lulus trus masuk IPB kayak kakak-nya🙂

  20. iuchy mengatakan:

    mbok yao jangan dipanggil Babal (terlalu dekat dengan kata Bebal)
    panggil Iqbal kek, artinya kan bagus *artinya apa ya?* :d

    saya juga sayang dengan adek2 saya, tapi saya malu2 bilang ke mereka kalo saya s a y a n g ke mereka🙂 semoga ragilku berhasil masuk SMP yang dia inginkan

  21. maipura mengatakan:

    abangya aja bisa masa adeknya gak….🙂

  22. Kang Nur mengatakan:

    sayang adik. amiin.

  23. Miftahur mengatakan:

    Hidup jauh dari keluarga tidak selalu buruk.
    Kadang aku juga pengen kayak gitu, bisa lebih tenang.
    Tapi kalo gitu terus, juga rindu.
    Jadi, nikmati aja kehidupan ini…🙂

    Salam kenal

    Miftahur

  24. itikkecil mengatakan:

    semoga Iqbal bisa menyelesaikan ujiannya dengan baik…

  25. Syafree mengatakan:

    Amin. hasbunallah wa ni’mal wakiil…

  26. gnw mengatakan:

    Benar2 anak yang mandiri dan sadar menjalani hidup dengan penuh bersyukur
    tapi kalau ingin adiknya hebat ya kakaknya kasih contoh dong.. Ayo !! kamu bisa..!

  27. winahyu mengatakan:

    semua orang bisa menjadi sukses, karena miskin itu pasti tapi sukses adalah pilihan.. Maju terus bal dan kalahkan kakakmu🙂

  28. Si Ponang mengatakan:

    justu lewat tempaan kelas itu anak akan jadi mandili ommm….

  29. pelangiituaku mengatakan:

    aduuhh…aku jadi mo nangis..T.T sekarang adik kamu tinggal dimana??semangat iah!!!kita harus yakin..aku juga pertama terdampar di UI,,jauh dari mama n papaku..pertamanya ya homesick gitu sakit”an. Tapi aku yakinkan bahwa aku bisa sukses dan berhasil..

    semangat iah buat adek kamu^^ Jadi keinget temen aku namanya banyak yg salam “mohammad iqbal”, ada yang dipanggil abal, qibal,hehehe..

    salam juga buat blogger bogor..mo gabung deh..^^

    mampir iah ke blog aku^^
    http://pelangiituaku.wordpress.com

  30. galz25 mengatakan:

    salam kenal mas….

    salam buat adiknya juga ya…semangat!!!

  31. arihevea mengatakan:

    Saya Doakan Massss…
    Tetep Tenang dalam mengerjakan dan berdoa jangan ketinggalan yaahh..

  32. Yohan Wibisono mengatakan:

    Jadilah anak yang terbaik bagi orang tuamu,bangsa dan negara..

  33. vitry_cummy mengatakan:

    kaka yg baik ^___^

  34. uland mengatakan:

    assalamu’alaikum

    aku terkesan dengan sedikit ceritanya mengenai
    “Beda usia delapan tahun, membuat adikku tersebut menjadi anak yang paling disayang. Tapi hal tersebut tak membuatku iri ataupun merasa tersaingi.”

  35. Nia mengatakan:

    . Wah, telat… tp gpp semoga bisa menjadi lebih baik …🙂
    salam kenal

  36. anak adalah titipan tuhan, yang harus di jaga dan di lindungi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: