Hanggadamai’s Weblog

Ikon

Just Walking In The Park!

Ketika Kekayaan Menjadi Keharusan…

Krisis ekonomi yang melanda Amerika, ternyata cukup membuat panik investor-investor di Indonesia begitulah bisik-bisik Pak Singal. Orang-orang kaya banyak yang stress dan panik. Tapi entah mengapa diriku yang masuk kategori orang susah tidak panik bahkan seperti tidak merasakan apa-apa. Jikalau diriku dikatakan tidak peduli, ya terserah apa kata orang.

Dari bisik-bisik, mungkin sebagai orang susah diriku sudah biasa susah karena itu panik itu tak menghampiri. Lalu kenapa orang-rang kaya kebanyakan panik? Mungkin jawabannya karena ada kewajiban-kewajiban yang belum mereka penuhi. Masih ingatkah mereka (para orang kaya) bahwa sebagian dari harta mereka ada hak orang lain, hak fakir miskin dan anak-anak terlantar.

Lebih baik menjadi orang tak punya tapi bahagia jika tak bisa membantu sesama, benarkah? Entahlah kata mas bayu bilang bahwa dia lebih baik bahagia daripada menjadi kaya. Bahkan ketika ditanya apakah setiap muslim harus kaya? Jawabannya adalah…

Diriku tidak ingin menjadi orang kaya, tetapi diriku harus menjadi kaya. Sudah cukup diriku melihat gelandangan-gelandangan yang harus tidur dipinggir jalan. Menunggu ruko-ruko di malam hari hingga ruko tutup terlalu sering ia lakukan. Mengais rezeki hanya bermodalkan dengan telapak tangan yang menghadap ke atas. Oleh karena itu kelak diriku harus menjadi orang kaya, kaya hati kaya pikiran dan kaya materi.

Diriku pun sudah lelah hanya membebani bangsa ini. Diriku harus membantu mereka yang kesusahan. Mungkin karena merasakan menjadi orang susah makanya diriku ingin membantu sesama. Apakah harus merasakan baru memiliki keinginan??? Jawabannya jelas jangan sampai harus merasakan baru memiliki keinginan membantu untuk membantu sesama. Mungkin itulah salah satu makna puasa yang merupakan suatu kewajiban bagi setiap muslim. Kaya walau tak ingin tapi itu adalah suatu keharusan. Harus membantu kepada yang membutuhkan.

Maukah anda kaya di dunia dan di akhirat?

Maukah anda kaya hati, pikiran dan materi?

Salam Ngeblog dari Blogor!!

Berbagi Bersama, Luar Biasa!!!🙂

Filed under: aku aneh, aku menangis, Berita, Curhat, dunia itu fana, , , ,

159 Responses

  1. Rizal mengatakan:

    Berusaha untuk dunia juga kan wajib tuh, dan menjadi kaya juga penting… Baik kaya materi ataupun jiwa, tepat seperti yang Hanggadamai katakan…
    Kenape kaya menjadi salah satu hal yang penting? tentu kl kaya, ken lebih bisa banyak sedekah tuh… Kl ada orang yang bilang, orang kaya tuh biasanya pelit, kikir, umm… itu mungkin orang lain kali ya, kalo kita… ya nggak lah… ya nggak mas. Semakin kaya, kita kan semakin sosial, betul tidak?
    Lihat aja tuh si Bill Gate, untuk sosial (untuk pengobatan HIV AIDS) dia sudah menggelontorkan sebesar 1 milyar US dollar… kl nggak kaya, mana mampu dia nyumbang sebanyak itu.

    hanggadamai: ya itulah mari kitasaling membantu🙂

  2. nonadita mengatakan:

    pengen kaya biar bisa keliling dunia
    pengen kaya biar bisa santai belanja
    pengen kaya biar nggak usah kerja
    pengen kaya biar bisa gaya

    *fast reading*

    hanggadamai:👿

  3. zamilionaire mengatakan:

    kaya beneran, kaya hati, kaya di surga..

    hanggadamai: mau??

  4. Rafki RS mengatakan:

    Saya tetap teringat dialog dalam laskar pelangi masalah berbagi ini. Sebaiknya kita hidup menjadi orang yang paling banyak memberi bukan menjadi orang yang paling banyak menerima.

    hanggadamai: betul pak. berarti bapak mau kan?🙂

  5. Ozan mengatakan:

    Mau dong….

    hanggadamai: alhamdulillah🙂

  6. uwiuw mengatakan:

    heheh dalem juga ga, pertanyaan kontemplatif yg mungkin jawabannya bisa esederhana ini “emang kaya dilarang ?” hehehe bukan begitu ga ?

    hanggadamai: heheheh iya mas🙂

  7. Donny Reza mengatakan:

    Saya sih yang penting kaya materi, kaya hati dan kaya cinta-Nya😀

    hanggadamai: diriku juga ingin🙂

  8. timur matahari mengatakan:

    salam
    singgah
    sejenak

    hanggadamai: silahkan🙂

  9. layanglayang mengatakan:

    saya mau..

    kaya dunia akhirat
    kaya hati,pikiran,materi, juga jiwa.

    tapi rasanya ga cukup..
    karna kalo ada kemauan berarti harus ada jalan untuk mewujudkan..
    😀 ada tips2 nya ga ngga??

    hanggadamai: mbak lani pasti tau tipsnya🙂

  10. aRuL mengatakan:

    kadang sebuah dilema, ada sejumlah uang di tangan, maunya di pake berusaha lagi, tapi tiba2 di hadapan kita ada orang miskin meminta uluran tangan kita.
    kira2 kita ngapain?
    kadang hidup perlu pertimbangan, pertimbangan dalam berusaha dan memberi…

    hanggadamai: jawabannya ada dalam nurani mas arul ^_^

  11. septy mengatakan:

    yup, tetap semangat!
    saya percaya, kl masing-masing kita bisa berprinsip seperti itu, pasti akan terjadi perubahan di lingkungan kita.

    hanggadamai: insyaAllah🙂

  12. Sawali Tuhusetya mengatakan:

    diriku pingin jadi kaya juga, mashangga, kaya hati, kaya ilmu, bahkan mungkin juga kaya harta, asalkan dermawan.

    hanggadamai: alhamdulillah kalau begitu🙂

  13. Epat mengatakan:

    saya ndak pengen jadi orang kaya, tapi cukup menjadi orang yang berkecukupan saja😀

    hanggadamai: cukup memberi kepada yg membutuhkan kan mas?? ^_^

  14. Tigis mengatakan:

    mreka kayanya dr utang mgkin yah. Kalo maen duitnya bener hrsnya sih ga perlu pake utang2xan. Termasuk KPR dan sejenisnya kalo buat level menengah ke bwh. Bener2x memberatkan dan malah bisa membuat kita terbelit.

    hanggadamai: bahkan jauh dari terbelit mungkin lebih parah..

  15. omoshiroi_ mengatakan:

    apapun yang terjadi, hendaknya kita saling berbagi. karena kita tidak hidup sendiri di dunia ini.

    hanggadamai: makanya kita wajib untuk berbagi🙂

  16. Yoyo mengatakan:

    Orang baik yang miskin adalah orang kaya yang uangnya sedikit……
    Orang kaya karena tidak jujur adalah orang miskin yang uangnya banyak……🙂

    hanggadamai: wah analoginya hbat..

  17. bangpay mengatakan:

    menjadi kaya belum pernah masuk daftar doa saya (seinget saya), krn takut ketika kaya saya akan melewatkan malam tidur nyenyak sedangkan ada tetangga saya yang diam2 menahan lapar….

    tapi saya dianggap kaya, wong saya wajib lapor harta nih

    hanggadamai: makanya kita harus membantu bang…

  18. bayu200687 mengatakan:

    saya berlindung pada Alloh dari kefakiran…

    hanggadamai: amiennn

  19. jeunglala mengatakan:

    Definisi kaya itu apa, sih, Dek?🙂
    Kalau buat saya sih, kaya itu relatif. Ukuran kaya tidak sama untuk masing-masing orang. Saya bisa dibilang kaya sama Office Boy di tempat saya bekerja, tapi saya juga menganggapnya kaya karena memiliki keluarga yang peaceful, yang akur, dan hidup di desa yang bebas polusi.

    Satu hal…
    I just want to be a better person everyday.
    Not just for me… but (hopefully) for everybody.

    Salam saya, Hangga…
    Jangan nakal-nakal ya, Dek..🙂

    hanggadamai: kalo kaya hati, pikiran, nurani dan materi mau kan mbak??🙂

  20. qizink mengatakan:

    Kalau kayak gini, saya jadi inget warga pedalaman di Baduy. Mereka nggak pernah panik dengan masalah isu krisis ekonomi, kenaikan BBM, anjloknya harga saham, dsb. Mereka tetap enjoy, karena persedian padi di lumbung masih tersedia dan alam tetap ramah pada mereka…
    Belajarlah pada warga Baduy :
    http://qizinklaziva.wordpress.com/2007/10/27/%e2%80%9dleuit%e2%80%9d-dan-ketahanan-pangan-warga-baduy/

    hanggadamai: *menuju lokasi*

  21. nie mengatakan:

    aku juga harus menjadi kaya.
    kaya pikiran, kaya hati, kaya materi, kaya nasehat, asal jangan kaya monyet. wkwkwkwkw..

    uhm..kaya? apalah artinya kekayaan yg dipunya klo engga mau berbagi. apalah artinya kaya klo masih memandang rendah orang lain. apalah artinya kaya klo ternyata masih engga mampu untuk peduli pada sesama.

    hanggadamai: yups mari berbagi ^_^

  22. easy mengatakan:

    kaya materi (harta), kaya hati, kaya pikiran, dan kaya amal..

    hanggadamai: amiennn

  23. heri mengatakan:

    Semoga suatu saat saya mendangar seorang kaya raya dan dermawan di Indonesia ini yang namanya HANGGA

    salam dari malang🙂

    hanggadamai: insyaAllah,amien..

  24. okta sihotang mengatakan:

    emang itu masih manusiawi mai, setiap orang emang pengen jadi kaya…namanya juga manusia, udah kaya malah pengen lebih kaya lagi😉

    hanggadamai: kaya apa dulu ta??🙂

  25. Farijs van Java mengatakan:

    tapi jangan lupa daratan kalo entar udah kaya, ya. hwehe…

    (^_^)v

    hanggadamai: insyaAllah

  26. edratna mengatakan:

    Yang terkena adalah orang-orang yang kaya….coba baca kompas hari ini. Dan kita tenang, karena penjaminan simpanan ditingkatkan dari Rp.100 juta (95%) menjadi Rp.2 miliar (97%). Berarti rata-rata simpanan orang di Indonesia, 95% nya di bawah Rp. 100 juta dan di atas Rp.100 juta s/d Rp.2 miliar hanya dua persen.

    Yang penting sektor riil dan mikro tetap berjalan, jual beli juga tetap ramai di pasar tradisional….
    Hati-hati, sekarang tawaran kartu kredit, cash back makin banyak, dan menyebalkan karena dikira telepon serius, ternyata cuma menawarkan barang seperti itu.

    hanggadamai: wah makasih bu atas infonya…

  27. EEng mengatakan:

    betul, dan mungkin kita harus mendulang banyak dollar yang ntar bisa kita tuker dengan rupiah, biar rupiah menguat terhadap dollar

    hanggadamai: ayo yg punya dollar siapa???😀

  28. dondanang mengatakan:

    eh posting juga. Kaya itu ujian, Miskin juga ujian. Yang penting tetap sederhana. *komen ngaco*

    hanggadamai: *ngejitak danang*

  29. kucingkeren mengatakan:

    Kaya? itu wajib! kalau tidak, bagaimana kita bisa berbagi? bagaimana kita memperbaiki yang ‘rusak’ itu.. Semoga saja tak cuma karya harta tapi juga kaya hati.. kaya iman maksudnya.. ahh susah banget kalu b’komen serius yaa..🙂

    hanggadamai: seendaknya sudah niat mbak🙂

  30. fisha17 mengatakan:

    kadang duit banyak enak juga, bisa sodaqah kemanapun kapanpun. Asal gak sombong ajah😆

    hanggadamai: benar mas🙂

  31. ibnusy mengatakan:

    “Tapi entah mengapa diriku yang masuk kategori orang susah tidak panik bahkan seperti tidak merasakan apa-apa”

    kalimat di atas bener tuh? karena saya pikir secuek-cueknya orang kalo sudah berhadapan dengan fulus pasti ‘mikir’. apalagi jika para konglomerat aja kesetrum, pasti akan berdampak kepada si papa. sst … biar bagaimanapun duit itu sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kita, cuma jangan jadikan bagian pertama, cukup nomor delapan aja.

    hanggadamai: setuju atas tanggapan mas ini..

  32. Singal mengatakan:

    Bung Hanggadamai, hatimu sungguh kaya. kita berusaha selalu tolong menolong dengan sepenuh hati, harta bisa dihitung, hati tidak..tidak ternilai. maju terus. Salam.

    hanggadamai: semoga seperti itu pak, amienn…🙂

  33. theodora mengatakan:

    kalau kaya hati,imannya sangat bagus sekali tapi kalau kaya seperti yang di haruskan zaman sekarang and miskin iman wah…jangan sampai deh… He…he…🙂

    hanggadamai: jangan sampai seperti itu deh..🙂

  34. toim mengatakan:

    silahkan aja, bung.asal jgn lupa ama janji2 anda utk nolong org2 susye ya🙂

    hanggadamai: insyaAllah bung toim..🙂

  35. kishandono mengatakan:

    kaya bagi sesama, bukankah lebih baik memberi… jika kita merasa kaya maka akan lebih mudah bagi kita untuk memberi.

    hanggadamai: tentunya seperti itu mas🙂

  36. gbaiquni mengatakan:

    kaya…? bukan cuma mau tapi harus jadi tujuan!

    Dengan Kekayaan kita dapat berBagi dan berSyukur. Kalo belum merasa Kaya, terus Ikhtiar dan Sabar.

    iya, yang krisis di sana, yang ribut koq disini yah? belum lagi kenaikan nilai simpanan yang dijaminkan, berarti mengakomodasi pemilik modal saja kan..?!
    :bingung mode on:😕

    hanggadamai: mari ikhtiar mas..🙂

  37. INDAH REPHI mengatakan:

    mau…mau semuanya…
    kaya di dunia
    kaya diakhirat🙂

    hanggadamai: alhamdulilah🙂

  38. OktaEndy mengatakan:

    kayanya keinginan kita sama hahaha…
    tapi gimana caranya yach?
    hehehe..
    jadi inget film nya aming😀

    hanggadamai: wah diriku belum nonton

  39. trijokobs mengatakan:

    kalau sudah kaya ..
    inget http://snba1992.wordpress.com ya ..
    tapi walaupun belum kaya.. juga harus sudah inget..

    *sama.. pengin kaya juga:mrgreen:

    hanggadamai: insyaAllah pakde🙂

  40. trijokobs mengatakan:

    dari pada kaya mendingan cukup..
    mau beli mangga cukup, jambu air cukup..

    *sederhana sekali ya..

    hanggadamai: iya pakde🙂

  41. sarahtidaksendiri mengatakan:

    Setaip org harus memperbaiki nasib dan kehidupannya masing2, dan yg pasti bs bemnafaat bg keluarga, bangsa dan negara…semangat!!

    hanggadamai: yups itu harus loh🙂

  42. Datyo mengatakan:

    kaya tidak menjamin kenikmatan…tetapi kaya membuat hidup lebih mudah…
    Kalo miskin mungkin kita cuma nyumbang Rp 1000 ke tempat ibadah, kalo kaya kita bisa buat tempat ibadah..jadi sepertinya mending kaya deh….

    hanggadamai: benar mas🙂

  43. Rindu mengatakan:

    Budayakan sedekah yok .. rp.1000 aja sehari, untuk ALLAH atas nama ALLAH yang telah memberi kita mata yang dapat melihat masak gak mau.

    Itu salah satu cara yang paling kecil🙂

    hanggadamai: bener mbak, mari kita mulai dr yg kecil🙂

  44. Pujangga mengatakan:

    Bila dipandang dalam segi kehidupan memang kekayaan bukan segalanya & gak menjamin kenikmatan, tapi dengan kekayaan kita bisa mendapat segalanya “JASMANI kalo rohani gak sepenuhnya bila salah langkah”, karena semuanya sekarang diukur dengan uang bahkan untuk bertahan hidupun kita perlu yang namanya uang,.jadi yang jelas harus kaya “positif”

    hanggadamai: betul… harus positif jangan jadi yang enggak2

  45. thevemo™ mengatakan:

    hanya ingin hidup pas pasan aja

    Pas. mo jalan, ada mobil di Garasi
    Pas lapar ada delivery Restoran terkenal
    Pas mau inet…ada koneksi dengan bw 3GB
    Pas mau menikmati hidup..ada yang bangunin

    hanggadamai: pas mw kaya ya kaya toh..😆

  46. orangndut mengatakan:

    Pertama2: wah kulit blognya ganti ya?? hehehe

    Kedua2: Saya mau dan pengin kaya di dunia dan akhirat, kaya hati, pikiran, dan materi…Tapi apa cukup dengan menjadi kaya dan membantu sesama saja?

    hanggadamai: belum cukup🙂

  47. missglasses mengatakan:

    aku mau kaya hati dan pikiran. kaya materi mah, urusan suami ntar. hahaha😀
    *kidding

    hanggadamai: hahahahah benr juga sih

  48. Rozy mengatakan:

    Semoga Allah SWT mengaruniakan hati baik, yang bersih, sehingga baik pula seluruh jasad, perbuatan lahir dan bathin kita, karena itulah awal dari semua langkah…dan siapapun pasti mau yg ini🙂

    Mohon maaf lahir bathin juga Mas Hangga🙂

    Wassalam

    hanggadamai: mohon bimbingannya🙂

  49. Daiichi mengatakan:

    Ga ad salahnya kaya harta asal di imbangi dengan kekayaan hati. peduli dengan sesama, mau berzakat, berinfaq, dan sedekah. bangun sekolahan yang bagus, dirikan taman bacaan gratis, berdayakan kaum duafa agar bisa mandiri dan lain2 sebagainya… dan ga salah kan untuk jadi kaya…
    Kita harus Kaya……

    hanggadamai: dan kemudian membantu yang membutuhkan🙂

  50. eMina mengatakan:

    biarpun kaya harta tak lebih penting dari kaya hati, tapi kita memang harus kaya…dalam artian bukan harta yang melimpah tapi tidak barokah. tapi dengan harta sedikit kita merasa kaya,dan yang terpenting KTIA BISA LEBIH BANYAK MEMBERI

    salam

    hanggadamai: itu yg paling penting ya…

  51. kw mengatakan:

    wow…. keren
    salut
    aku juga mau kok jadi orang kaya🙂

    hanggadamai: yuk kita beerusaha dan berdoa🙂

  52. kakanda mengatakan:

    Yang tidak punya, tidak akan pernah mampu memberi.

    Yang tidak punya kasih sayang, tidak akan mampu memberi rasa kasih sayang🙂

    hanggadamai: harus punya dua2nya ya kakanda..

  53. Yari NK mengatakan:

    Kalau saya sih emang pengin kaya, asal jangan kaya hangga aja…..:mrgreen:

    hanggadamai:👿

  54. kangharis mengatakan:

    wah bener makin mantap🙂

    hanggadamai: apanya kang??

  55. rizoa mengatakan:

    asal jangan yang kaya lupa ma yang nggak kaya..:D

    hanggadamai: benar🙂

  56. Johan mengatakan:

    Betul. Kalau kita kaya, akan lebih mudah menolong orang lain yg lagi kesusahan. Makin kaya, makin banyak orang miskin yg bisa kita tolong. Yg penting, kekayaan kita diperoleh dengan cara halal. Jangan korupsi.
    Tapi, untuk menolong orang lain, ndak perlu menunggu jadi orang kaya dulu kan.

    hanggadamai: benar om johan kita bisa mulai dr sekarang

  57. latree mengatakan:

    kaya hati lebih utama
    kalau ternyata kaya materi, itu bonus

    hanggadamai: ibarat beli sapi🙂

  58. kidungjingga mengatakan:

    jadi v ato hangga duluan nih yang mau kaya duluan… ambil nomor antrian dulu yuk…:D

    hanggadamai: ayukk

  59. 1rw@n mengatakan:

    semangadh ngga! meskipun menjadi spekulan :))
    yang penting jangan jual rupiah😀

    hanggadamai: hahahaha rugi klo skrg jual rupiah😆

  60. Aki Herry mengatakan:

    Semoga yang terbaik untuk kita. Amiin.

    hanggadamai: amienn

  61. ndop mengatakan:

    kekayaan itu diukur tidak dari seberapa yang dia punya, tapi seberapa yang dia telah berikan…

    hanggadamai: betul mas🙂

  62. boyhidayat mengatakan:

    ingat , kemiskinan awal dari ke murtadan. itu kenapa muslim harus kaya

    hanggadamai: 🙂

  63. ghozan mengatakan:

    wow, new theme! menurut saya sih gak mesti jadi orang kaya, yang penting berkecukupan. bisa menafkahi istri, anak dan keluarga itu sudah cukup. kalo mendapatkan lebih dari itu disyukuri, kalo kurang ya cari lagi. tapi jangan sampe ngoyo… semuanya dijalani dengan pasrah kepada yang di atas!

    hanggadamai: semua lillahi ta`ala🙂

  64. namakuananda mengatakan:

    sante – sante, masih banyak temen seperjuangan.
    Yang penting kaya tapi kudu bahagia, sama anak dan istri.

    hanggadamai: iya kang😉

  65. *hari mengatakan:

    Memang ngga harus panik sih kalo menhadapai segala sesuatu. Tapi bisa jadi semua orang baik kaya ataupun tidak akan terkenan imbas.
    Sebaiknya berdoa saja semoga semua akan baik-baik saja. Yg investor tidak harus kehilangan banyak uangnya, yang pekerja tidak kehilangan pekerjaannya. Meski mugkin yg punya utang akan jadi sedikit nambah utangnya..😆

    hanggadamai: hahahahaha mas hari bisa aja…

  66. shei mengatakan:

    mending kaya hati daripada hanya materi kahn bro n_n

    salam knal yaa..
    mau tukeran link??

    hanggadamai: wah diriku gak pasang blogroll tuh masih direhab.. mungkin menyusul ya….

  67. nurussadad mengatakan:

    Nomer 67

    hanggadamai: Pa kabar Ziz??

  68. [H] mengatakan:

    Heu makin kesel ajah ktinggalan BAD08😦

    Yah saya berdoa supaya umat manusia khususnya blogger ga cuma kaya pikiran ajah,,tapi juga kaya hati n mudah2an kaya materi,,amin.

    BAD duluan,,,hihiiii!!

    Pis aut ^_^v

    hanggadamai: amienn.. makasih udah nyasar😳

  69. yanti mengatakan:

    Hmmm memang untuk Indonesia krisis ekonomi global.. tidak langsung terasa… (maaf ya ini menurut pemikiran saya) tapi kira-kira setahun dari sekarang.. (walah… bukan paranormal kok… ) ketika pemasukan devisa negara makin kecil, ketika tiba masanya harus bayar utang LN dengan bunga pinjaman yang ditinggikan, ketika hubungan ekonomi dengan negara-negara luar menjadi alot… ketika… ketika…
    Indonesia baru akan “memasuki” tahap krisis ekonomi yang sesungguhnya…
    Wallahu alam

    hanggadamai:🙂

  70. Ndoro Seten mengatakan:

    yang menharuskan ki gek yo sopo lho?

    hanggadamai: menurut ndoro sopo toh..😛

  71. azlan mengatakan:

    berlagak jadi orang kaya ajalah
    biar ngutang tapi punya mobil
    ha..ha…

    salam kenal bro…..

    hanggadamai: salam kenal, loh blognya apa mas??

  72. Dias mengatakan:

    kaya monyet…

    hanggadamai: hmm

  73. Edi Psw mengatakan:

    Pingin kaya semuanya nih.

    hanggadamai: kaya hati yg utama kan om?🙂

  74. Panda mengatakan:

    kecil terkenal, muda kaya raya, mati masuk surga😀

    hanggadamai: amienn

  75. W|zNu mengatakan:

    Hidup gak harus kaya, yang penting bahagia dan bisa menikmati hidup. Percuma kayaraya tapi gak bisa menikmati hidup. Hihihi

    hanggadamai: iya…

  76. uwiuw mengatakan:

    komentar jeuglala d atas keren juga yah ? sy jadi salut hehehe

    hanggadamai: sama mas..

  77. dafhy mengatakan:

    kaya hati, kaya maaf, kaya pengetahuan, kaya harat.kaya segalanya dech🙂

    hanggadamai: amienn

  78. erander mengatakan:

    Kita suka lupa, bahwa semua ini titipan saja. Bukan soal kaya dan miskin. Semua itu hanya ‘peran’ yang diberikan-Nya pada kita .. apakah kita bisa berlakon dengan baik. Menjadi orang kaya yang baik dan menjadi orang miskin yang baik.

    Semua ini terjadi, karena kita melanggar sunnatullah. Hukum sebab akibat. Kita merasa terlalu pintar dan terlalu hebat, sehingga kekayaan menjadi ukuran kehebatan seseorang. Padahal kita lupa .. semua itu fana.

    Bukan tidak boleh kaya. Ayo kita kaya ramai² sehingga hidup menjadi lebih mudah. Tapi kaya yang seperti apa? .. tidak mudah memang untuk memantas²kan diri tentang kekayaan.

    Mungkin kita bisa belajar dari kisah² para nabi.

    hanggadamai: makanya tujuan utama yang ingin diriku sampaikan kaya hati bang..🙂

  79. erander mengatakan:

    Wadoh .. saking semangatnya komentar, jadi lupa ngucapin minal aidin walfaizin .. mohon maaf lahir dan bathin ya Ngga. Semoga masih ada sisa maaf dari mu, maklum sudah pertengahan Syawal nih hehehe🙂

    Semoga Allah mengampunkan dosa² kita. Amin.

    hanggadamai: sama2 bang…
    sudah puasa syawal belum bang??🙂

  80. baladika mengatakan:

    bagi saya kaya hati adalah keharusan

    hanggadamai: betullll

  81. uchielz mengatakan:

    pengen kaya ???
    puasa aja 7hari 7malam
    dah gtu bertapa deh di gunung sindur,hehehehe….

    hanggadamai: wuiihh dukun uchielzz…😆

  82. Alex mengatakan:

    setiapp muslim semestinya harus Kaya harta dan kaya Jiwa.
    dan bahkan 2 rukun Islam pun dituntut untuk kaya.

    1. syahadat semua orang bisa
    2. Sholat semua orang bisa
    . puasa semua orang bisa
    4. zakat hanya orang kaya aja yg bisa
    5.haji hanya orang kaya aja yg bisa

    hanggadamai: betull bang,,

  83. presty larasati mengatakan:

    mauuuuuuuuu…
    apalagi klo kaya di akhirat..🙂

    hanggadamai: amienn

  84. presty larasati mengatakan:

    hhmm.. bicara soal kaya…
    percaya ato ngga, terima atau ngga, kenyataannya, kemiskinan mempengaruhi keimanan seseorang. gampang aja orang pindah agama karena tergiur dijanjikan harta setelahnya..
    naudzubillah…
    makanya, muslim itu harus kaya sebenernya..
    semakin banyak sedekah, semakin banyak membantu.. kaya untuk dakwah dong…

    jadi inget laskar pelangi, hiduplah untuk memberi sebanyak-banyaknya, bukan untuk menerima sebanyak-banyaknya…

    hanggadamai: intinya harus kaya hati kan mbak?🙂

  85. chic mengatakan:

    cuma mampir mau protes ga diajak halal bilhalal!👿

    hanggadamai: *merasa bersalah**

  86. chinop mengatakan:

    Kalau kita jadi luar biasa KAYA, uang dah nggak jadi masalah, nggak usah lagi mikir dapur ngebul apa nggak? Tinggal mikir bagaimana mendistribusikan kekayaan itu untuk kebaikan sesama, intinya bagi-bagi buat yang membutuhkan. So jadi KAYA itu WAJIB hukumnya.

    rgds
    http://prastcorp.wordpress.com

    hanggadamai: benar banget mas hino..🙂

  87. mybenjeng mengatakan:

    harus kaya, biar bisa beli pulsa buat browsing and blogwalking…🙂

    hanggadamai: hahahahah…

  88. Masenchipz mengatakan:

    Mau sih mau om… tpi kalo dah usaha..trus mentok ya… mensyukuri semua yang telah diterima..mungkin bakalan menjadikan kita kaya akan rasa syukur ya om… gimana om?

    hanggadamai: usaha dan doa harus terus kan bang..

  89. draguscn mengatakan:

    IMHO, kaya itu pada saat kebutuhan hidup kita sebagian besar sudah tidak tergantung lagi dengan orang lain .. so kalo kita banyak duit tapi kita masih tergantung dengan banyak orang itu belum bisa disebut kaya, saya rasa ..

    hanggadamai: makanya kita harus kaya hati dan pikiran juga kan mas🙂

  90. owbertku mengatakan:

    hmmmm,,,, iah,,,
    kaya yang bahagia dan diberkahi,,,,

    hanggadamai: amienn

  91. ario saja mengatakan:

    semoga saja Tuhan mengabulkan mas… tapi yang terpenting adalah jadilah orang yang berguna untuk orang lain.

    hanggadamai: amienn

  92. y37center mengatakan:

    Kaya harta harapan kita manusia normal.
    Kalau tak bisa kaya hati lebih rasional.

    hanggadamai: wah diriku bingung analoginya..

  93. djunaedird mengatakan:

    Kaya hati lebih utama. Sayangnya kita jarang bisa. Kaya harta lebih mudah, walau (kadang) dengan jalan yang tak biasa alias nyuri….😛

    hanggadamai: naudzubillahimindzalik

  94. Rudi mengatakan:

    Kalau dihitung-hitung kerugian sekarang mungkin balancing untuk keuntungan-keuntungan yang sudah mereka nikmati juga ya? Kalau Hangga tidak akan panik soalnya sudah “Damai”. Kata Mr. djunaedird Kaya Hati akan membuat tentram kehidupan. Walau tidak dipungkiri hidup di dunia ini, peranan ‘Harta Benda’ dapat memberikan rasa nyaman yah??? Salam.😉

    hanggadamai: wah bapak ini bisa saja…iya pak terkadang harta benda membuat kita khilap (naudzu bilahimindzalik)

  95. mercuryfalling mengatakan:

    bisa jd kita yg miskin ini makin miskin ntar, coy..tapi gak perlu panik sih

    hanggadamai: iya mbak🙂

  96. Ya, kalau semua orang membebani maka negara ini menunggu ketenggalaman aja lagi …

    hanggadamai: makanya kita hrus bangkit kan pak?🙂

  97. emfajar mengatakan:

    yang penting rasa syukur dari apa yang telah dimiliki😀

    hanggadamai: betul mas..

  98. panda mengatakan:

    kalo kaya ilmu, ya harus kan?

    hanggadamai: itu wajib🙂

  99. aminhers mengatakan:

    Kaya hanya sebuah istilah/kata; kita hanya bisa berusaha itupun juga kalau mau dan Sang Pencipta kitalah yang punya wewenang;
    dah ganti kulit rupanya🙂

    hanggadamai: bener banget om…

  100. mZ.anGgIe mengatakan:

    kaya di dunia dan di akhirat?
    kaya hati, pikiran dan materi?

    mau donk…
    mudah2an kita smua termasuk orang2 di dalam golongan tersebut…amin..🙂

    hanggadamai: amien..🙂

  101. redova mengatakan:

    yang ke 100!!!(dpt apa ya??)

    kaya hati??? ukurannya apa ya???
    kaya harta??? boleh juga…
    tp plg males kalo dibilang…kaya monyet!!! he…he…he..

    hanggadamai: wah dirimu bukan yg ke-100 tuh😛
    hehehehehe

  102. f474r mengatakan:

    Mending Sinergi Kaya Hati & Harta
    Hidup Damai Keknya

    hanggadamai:🙂

  103. nurussadad mengatakan:

    @ Hangga 67:
    Sekarang 103 :
    alhamdulillah baik

    hanggadamai: wah alhamdulillah kalo begitu..

  104. yakhanu mengatakan:

    104 ….

    keren deh…..

    kaya emang perlu banget ..

    hidup itu harta dan wanita…

  105. yudhi14 mengatakan:

    tul lebih baik bahagia dari pada menjadi kaya
    tapi merana

  106. Esha mengatakan:

    Memang tidak harus menjadi kaya…..tetapi hidup bukan hanya sekedar makan dan minum….tuntutan hiddup yang beragam dan semakin lama-semakin mahal….

  107. alisyah mengatakan:

    Luar Biasa

    hanggadamai nge-‘fans’ ya sama Andrie Wongso?

  108. khofia mengatakan:

    tapi jaman sekarang emang kita dituntut kudu kaya. kalo ndak, gimana kita bisa sekolah? gimana kita bisa makan makanan bergizi? dan gimana kita kudu berobat kalo sakit? padahal biaya sekolah itu mahal, harga makanan juga ndak murah, dan rumah sakit itu tarifnya mahal…

  109. ILYAS ASIA mengatakan:

    kaya,

    kaya sekali

    blogmu kaya komentar.

  110. regsa mengatakan:

    untuk berbagi keknya ngak harus menunggu kaya dulu ya . Tapi dibutuhkan niat, banyak orang kaya yang tidak punya niat untuk berbagi .

    Tapi siapa sih yg ngak pengen kaya:mrgreen:

  111. bluethunderheart mengatakan:

    hebat bang! hebat karena tulisan abang. hebat karena commendnya banyak bangetttt

    salam hangat selalu

  112. Rossa mengatakan:

    tuhaaaaaaaaaaaaan..

    berikanlah saya uang yang banyak……..!!!😉

    *lam knall.

  113. doel mengatakan:

    wow … tulisannya sangat mengena.. perlu belajar banyak neh…

  114. ina mengatakan:

    assalamu’alaykum wr wb,

    Ka hangga…emang kl sudah kaya lantas baru bisa berbagi?
    seingatku, Rasulullah SAW tak pernah kaya (harta), tetapi beliau adalah orang yang paling dermawan. Jika beliau bisa, tentu kita juga bisa kl sudah niat dgn sungguh2 ^__^

  115. iman mengatakan:

    menjadi kaya suatu keharusan hanya saja harus dibarengi oleh keikhlasan dan rasa syukur (menurut ku)

    aku seneng berbagi, berharap menjadi kaya dan dapat membagi lebih banyak🙂

    salam hangat

  116. hawee mengatakan:

    semua harus kaya, cuma jalannya harus yg bener..jangan contoh para koruptor

  117. dra mengatakan:

    kalo ane cuma ingin, apa yang ane lakukan di ridho”i ama Allah…….

  118. zoel chaniago mengatakan:

    kaya itu harussss😀 sapa sichh yg mau miskin

  119. Raffaell mengatakan:

    Tentang blog action day, tulisan bapak ini yang paling keren di bandingkan yang lainya… bravo pak, saya suka karna membuat semangat dan inspiratif

  120. falla mengatakan:

    aku ingin kaya ngga…!!!
    kapan ya..??

    anai pekerjaan ngiprit itu halal..😀

  121. achoey mengatakan:

    Kang maaf, barusan HP saya abis batre😦

  122. taufik79 mengatakan:

    “Bukanlah kekayaan itu dari banyaknya harta, akan tetapi kekayaan itu adalah rasa cukup yang ada di dalam hati.”

    Orang yang disifati dengan ghina an-nafs (kekayaan jiwa)adalah orang yang qana’ah terhadap apa yang Allah Swt rizkikan kepadanya. Dia tidak tamak untuk menumpuk-numpuk harta tanpa ada kebutuhan. Tidak pula dia meminta-minta kepada manusia dengan mendesak. Dia merasa ridha dengan apa yang diberikan Allah Swt kepadanya, seakan-akan ia terus-menerus merasa cukup.

    Sedangkan orang yang disifati dengan faqru an-nafs (kefakiran jiwa) adalah kebalikannya. Karena dia tidak qana’ah terhadap apa yang diberikan kepadanya. Dia selalu rakus untuk menimbun kekayaan, dari arah mana saja.

    Kemudian, bila dia tidak mendapatkan apa yang ia cari, ia akan merasa sedih dan menyesal. Seakan-akan dia adalah orang yang tidak memiliki harta. Karena dia tidak merasa cukup dengan apa yang diberikan kepadanya, sehingga seakan-akan dia bukan orang yang kaya.”

  123. ahead mengatakan:

    kalo mau kaya kerja dong, jangan ngelamun mulu… !

    **kabbooorrrr**

  124. Edi Psw mengatakan:

    Kalau aku nggak ingin kaya-kaya. Aku hanya ingin selalu kecukupan aja.

  125. Alex mengatakan:

    lagi sibuk skripsi yah hangga?

  126. indra1082 mengatakan:

    Kaya ghak harus, tapi Serba Cukup boleh, hehehehe

  127. trilsky mengatakan:

    hidup ga perlu kaya yang penting pas-pasan. Pas mau beli jaguar pas uangnya ada, pas mau berlibur ke eropa pas ada dananya, pas pengen beli rumah di Menteng dan pondok indah eeeh pas dapet rejeki

  128. Gempur mengatakan:

    saya menunggu mas hangga benar-benar menjadi konglomerat dan membiayai seluruh aktifitas blogger se-Indonesia…

    Amin Alahumma Amin.

  129. oRiDo™ mengatakan:

    dimulai dengan kaya Hati…😉

    ntar klo udh jadi orang kaya, jangan lupa yah..
    yang jelas, skrg mas Hangga ini udh kaya, kaya teman blog.. kaya komentar.. so, jangan lupa..
    okeh..

  130. ali mengatakan:

    wah harus ngumpulin kekayaan hati nih

  131. Myryani mengatakan:

    kekayaan hati kan gpp ya mas…

  132. helmy mengatakan:

    uang bukan segalanya, tapi segalanya butuh uang…

  133. rhainy mengatakan:

    mau banget!!!
    setuju ngga, aku juga gak perlu2 amat jadi kaya…tapi aku memang harus kaya!! hehehe……terutama kaya hati!!!

  134. Hasan Seru mengatakan:

    saya pernah membaca artikel mirp dengan postingan ini.. kalau gak salah buku AA Gym.. atau Robert Kiyosaki ya? aku lupa.. pas jaman2 aku aktif di MLM dulu

  135. mantan kyai mengatakan:

    ketika keharusan (untuk) menjadi kekayaan😀

  136. ipAnk mengatakan:

    mas yang ini kenal ama dosen saya ya…!!!
    salam kenal mas..
    Orang mana nie??

  137. ciwir mengatakan:

    semua orang pengen kaya-lah…:)
    kaya harta, kaya hati, kaya pahala (penting ini)🙂
    deelel

  138. enggink mengatakan:

    HIDUP SUSAH, eh salah ya????
    HIDUP KAYA

  139. Menik mengatakan:

    lho ? aku blm mampir disini tho ?🙄

  140. Menik mengatakan:

    kekayaan materi dan kekayaan hati selalu didambakan oleh semua orang. Apakah kita bisa mendapatkan kedua2nya ?
    who knows ?
    Aku sih berharap, diriku dan kalian semua bisa meraihnya, amiin🙂

  141. Menik mengatakan:

    Hangga !!!

    Istirahat !!!

    tu mata udah kaya orang ga tidur sebulan !👿

  142. eMo mengatakan:

    wah… ada rame² ni disini,,

  143. nmdian mengatakan:

    Yang nggak gampang panik itu bukan orang yang susah mas, tapi orang yang ikhlas. Memang sich kebanyakan orang yang ikhlas itu terlihat “susah”, tampak tidak keren, sederhana. Tapi janji Tuhan di ALQURAN memang hanya orang yang ikhlas yang tidak mempan akan godaan Syetan. Jurus pamungkas syetan yang ampuh adalah menanamkan resah dan gundah di hati kita.Sedangkan orang yang ikhlas tidak mengenal istilah resah.
    Semoga kita bersama termasuk orang yang ikhlas

  144. nmdian mengatakan:

    Benar mas Hangga, Kaya adalah wajib bagi setiap muslim…
    Masalahnya banyak saudara-saudara kita terlarut-terpukau-terlena dengan kekayaan dunia. Mereka lupa akan tujuan awal, bahwa rejeki yang mereka dapatkan hanya numpang lewat, harus segera disampaikan kepada yang berhak. Mereka lupa bahwa yang ‘ditanya’ nanti bukan hanya sumbernya, tapi juga digunakan untuk apa…

  145. azacky mengatakan:

    bukan masalh kaya atau tidak
    tetapi sebagai muslim yang baik, bisa memenuhi kebutuhan, kewajiban dan bermanfaat bagi yang lain
    yang jelas selalu ihtiar dan tawakkal…..
    salam kenal….

  146. italina89 mengatakan:

    mari nabung ibadah supaya kaya di surga…

  147. nico kurnianto mengatakan:

    ya saya mau kaya akhirat dan dunia…

  148. mataharicinta mengatakan:

    kalo ditanya, mau kaya apa gak?
    neng mau kaya didunia!
    supaya………………bisa bantu orang2 yang ada dibawah jembatan juanda medan.
    kalo udah begitu, semoga kaya diakhirat bisa menyusul ya.

  149. al-Muharir mengatakan:

    kaya di dunia dan di akhirat, dengan memperjuangkan syariah dan khilafah!

    kaya hati, pikiran dan materi, dengan memperjuangkan syariah dan khilafah.

    saatnya khilafah memimpin dunia. Allahu Akbar!

  150. al-Muharir mengatakan:

    kaya di dunia dan di akhirat, dengan memperjuangkan syariah dan khilafah!

    kaya hati, pikiran dan materi, dengan memperjuangkan syariah dan khilafah.

    saatnya khilafah memimpin dunia. Allahu Akbar!

  151. Akhmad Guntar mengatakan:

    Menjadi kaya itu penting, asalkan jika itu diniatkan untuk kekayaan di akhirat nanti. Dan juga bahagia sengsara tidak didasarkan atas kepemilikan atas sesuatu. Mudah utk mengucapkan, tapi perlu upaya keras utk bisa punya integritas dg semua itu.

    hanggadamai: betul pak, yang jelas semuanya butuh ikhtiar dan doa

  152. kita mengatakan:

    “saiah lebih baik miskin harta daripada miskin hati..”

    ahhh.. itu teorinya..prakteknya..

    “miskin harta,,buat kita jadi gelap hati..”

  153. Resi Bismo mengatakan:

    yang penting bersyukur aja, jangan berlebihan. Secara kita biasanya ada uang lebih pasti belanja, bukan di investasikan, jadi ketika krisis gak punya apa2 karena habis buat belanja.

  154. demoffy mengatakan:

    namun kaya tak menjamin….
    kita bahagia….
    SeLamanya…….

    Ya kita harus terima apaadanya dan tidak Lupa bersyukur,,
    dan berusaha dengan cara terhormat….

  155. Gugus mengatakan:

    Saya setuju sama ungkapan “Diriku tidak ingin menjadi orang kaya, tetapi diriku harus menjadi kaya” dan jangan jadikan “lebih baik bahagia daripada menjadi kaya” sebagai alasan untuk pasrah pada kondisi yang ada.

  156. Sewa Projector Murah mengatakan:

    Buat apa kaya harta kalo hati kita miskin,bila kit memiliki kaya hati kita hidup didunia ini akan selalu bahagia,kalo kaya harta pasti akan hilang,sedangkan kaya hati akan kekal selama kita hidup

  157. ir ariotedjo mengatakan:

    Thks ya….Info Islam WAJIB KAYA? caranya???…Dengar, Lihat, Ikuti & Belajar dari Pengalaman….segera baca/Order dan mengamalkan di website (ketik): http://spiritualpreneurship.com/?id=ir.ariotedjo Anda akan mendapatkan banyak manfaat yang tak terhingga antara lain :
    1. Sikap hidup terbaik dalam menghadapi kehidupan,
    2. Harmoni suami istri dalam mengejar rizqi Allah,
    3. Mengetahui dengan pasti hambatan yang selama ini menghadang kita semua dalam mencari rizqi Allah,
    4. Mengetahui strategi terbaik dalam membangun kekayaan dan menjadi Financial Freedom secara Islami,
    5. Mengetahui detail strategi “Meraih kekayaan secara syariah melalui properti” bersumber dari pengalaman riil yang saya jalani, bukan sebatas teori.
    6. Menghemat banyak biaya untuk pergi ke tempat seminar dan training yang kami adakan,
    7. Dan masih banyak lagi..

  158. Yohan Wibisono mengatakan:

    Yup Keharusan karena kita diciptakan oleh TUHAN untuk berusaha menjadi yang terbaik ataupun terkaya dan tidak boleh putus asa .Semua bisa kita dapat tergantung dari kita sendiri.apapun…

  159. janjimulia mengatakan:

    gasabar jadi orang kaya bisa beli rumah di pondok indah haha. tapi bersyukur saja lah ya, rumah murah bukan berarti jelek kok. buktinya ciputra mau develop perumahan rumah murah di banten namanya citra maja raya. kalo soal kualitas ciputra sih gapernah jelek, tapi harga rumahnya terjangkau banget

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: