Hanggadamai’s Weblog

Ikon

Just Walking In The Park!

Bogor 526 Tahun

Hampir empat tahun, diriku berkelana di kota Bogor yang dulu katanya kota hujan…

Hari ini 526 tahun sudah Bogor berdiri..

Menurut wikipedia, kota Bogor terletak pada ketinggian 190 sampai 330 m dari permukaan laut. Karena suhu udara rata-rata setiap bulannya adalah 26°C dan kelembaban udaranya kurang lebih 70% udaranya relatif sejuk. Tapi itu dulu! Sekarang tidak lagi. Bogor itu kota yang panas tidak jauh berbeda dengan jakarta.

Kota Bogor dikenal dengan kota hujan. Tapi itu dulu! Sekarang tidak lagi. Bogor sekarang jauh lebih dikenal dengan Kota Sejuta Angkot. Benarkah?

Coba kalau anda berkunjung ke kota bogor, di setiap tikungan ada saja angkot dengan trayek yang berbeda. Hal inilah salah satu penyebab mengapa di Bogor selalu macet. Padahal setiap angkotnya hanya berisi 1-5 penumpang, Bahkan lebih banyak yang kosong akan penumpang daripada yang terisi.

Tapi tidak hanya itu, coba jika kita menulusuri jalan dari Dramaga menuju Kedung Halang, macet yang terjadi bukan karena angkot tetapi karena rusaknya jalanan tersebut. Banyak lubang-lubang yang ternganga di jalanan tersebut. Tapi tidak hanya disitu, masih banyak di pelosok-pelosok kota bogor yang jalannya rusak berat.

Walikota Bogor Diani Budiarto mengakui, bahwa kondisi Kota Bogor saat ini masih semrawut, hal ini disebabkan pembangunan infrastruktur masih dalam pengerjaan. Sebetulnya, kemacetan lalu lintas sudah mulai berkurang yang diukur dengan waktu tempuh per kilometer per jamnya, kata Walikota Bogor Diani Budiarto tanpa menyebutkan angka pasti penurunanya karena tidak hafal. “Yang pasti, beberapa simpul kemacetaan malah sudah dapat diatasi, seperti di kawasan Cibalagung dan Pancasan Ini jelas mempercepat waktu tempuh. Saya pikir hal ini bisa dilihat dan dirasakan langsung oleh warga,” kata Diani dalam Bogornews.

Tapi diantara semua itu banyak tempat-tempat menarik yang layak dikunjungi jika berkunjung ke kota Bogor.

Kebun Raya Bogor

1. Kebun Raya Bogor, dengan luas 80 ha dan memiliki 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan.

2. Istana Bogor, yang mempunyai keunikan tersendiri.

3. CICO-Cimahpar Integrated Conservation Offices, kawasan pendidikan dan konservasi dengan pendekatan kepada alam, terletak di Kelurahan Cimahpar, Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor.

4. Dramaga, yang memiliki kampus Pertanian terbesar di Asia Tenggara (IPB)

5. Situ Gede, Situ Daun, Kampung jawa, Gunung Bunder, gunung Pancar, Gunung Gede, Gunung Salak yang memiliki panorama alam yang indah.

6. Dan masih banyak tempat-tempat menarik di kota Bogor ini.

Istana Bogor

Bubulak

Selamat ulang tahun Kota Bogor ke-526 Semoga jaya Bogorku!!!

Nb: gambar diambil dari sini, sini, sini dan sini

Tulisan yang mirip : Wilujeng Tepung Taun ka 526

Filed under: About Blog, aku gembira

75 Responses

  1. ILYAS AFSOH mengatakan:

    bogor kota damai, eh kota para bloger

    akan bersaing dengan bloger gresik

    mana lebih kreatip

    hanggadamai: bersaing dalam kebaikan ya mas…🙂

  2. citra mengatakan:

    Rumahku di jogja kaki merapi yang konon katanya adem skarang juga udah panas banget tiap hari…😦

    hanggadamai: akibat global warming tuh…

  3. KiMi mengatakan:

    Jadi intinya Mas Hangga mau jadi tour guide saya ga kalo suatu saat saya main ke Bogor? *kedip2 najis*

    hanggadamai: iya deh🙄

  4. edy mengatakan:

    bogor panas, macet n polisinya jail!

    hanggadamai: pulisinya paling jail tuh om..

  5. FaNZ mengatakan:

    Pengen de kapan2 maen ke bogor
    Kopdar ma bloger2 bogor
    Sharing ilmu
    *guide-nya mas hangga yah huehehe*

    hanggadamai: hahahaha..boleh boleh boleh..

  6. alfaroby mengatakan:

    wah…, udah berubah toh… julukannya
    kirain bogor tuh kota hujan… eh gak tahunya kota sejuta Angkot…
    he he he

    jadi penasaran pengen ke sana nih

    hanggadamai: ditunggu ya mas..

  7. yusdi mengatakan:

    bogor???

    jogja aja deh……*ga nyambung*

    hanggadamai: di bogor ada jogja loh😛

  8. agn mengatakan:

    gw lahir di bogor loh

    hanggadamai: wah urang bogor aseli toh..

  9. agn mengatakan:

    seneng ya rumahnya di kota yg ukurannya ga gede2 amat..

    hanggadamai: iya🙂

  10. agn mengatakan:

    hangga gw bosen banget nih..

    hanggadamai: waduh bosen kenapa nih??

  11. Alex mengatakan:

    waw…….lagi ulang hari jadi kota bogor yah ?
    mantab lah…moga warganya semakin damai,tentram,sejahtera dan jaya.

    hanggadamai: amiennn

  12. ulan mengatakan:

    masih tuaan surabaya ya dari pada bogor, beda 200 tahun lho..

    hanggadamai: biarin😛

  13. Iwan Awaludin mengatakan:

    Ingatanku tentang Bogor: dulu kalau mau pulang kampung biasanya lewat Bogor dulu, karena belum ada uang buat bayar tol ke ciawi. Sekarang mah, sudah hampir ga pernah lewat Bogor lagi, lewat blas ke Cipularang. Mau pulkot ke Jakarta dari Bandung ngga lagi lewat jalan berliku gunung kapur, cianjur, puncak, dan bogor. He he he, kacian deh Bogor.

    hanggadamai: biarin😛

  14. tukangobatbersahaja mengatakan:

    Wah kalo pagi mau ke terminal Baranangsiang.
    Sumpah macet abis….
    PR Buat kota Bogor mesti di tertibkan angkot hijaunya.

    hanggadamai: itu pr mah udah lama tapi ampe skrg blm dikerjain tuh😆

  15. dafhy mengatakan:

    bogor masih jadi kota hujan g?

    hanggadamai: enggak😦

  16. indra1082 mengatakan:

    kalau ingat Bogor ingat Puncak, ingat yang Bawa LAmpu senter pake topi kupluk dan berkata, Villa ‘a… a’a…..villa..
    hehehe MET Ultah Bogor….

    hanggadamai: beuuhhh🙂

  17. ayahshiva mengatakan:

    met ultah deh buat kota bogor moga tambah maju, dan gak terus terusan kirim banjir ke jakarta😀

    hanggadamai: semoga🙂

  18. AngelNdutz mengatakan:

    Surabayah juga’ barusan ultah loh ^^
    Met Ultah Bogor!!!

    hanggadamai: wah diriku baru tau..

  19. petak mengatakan:

    makan makan:mrgreen:

    hanggadamai: wah mauuuuuuuuuuuuuu…

  20. IndahJuli mengatakan:

    Bogor ?
    tempat enak buat belanja tas dan makan-makan🙂
    selamat ulang tahun Bogor.

    hanggadamai: bener…😉

  21. sofianblue mengatakan:

    bogor itu yahud…

    hanggadamai: sippp🙂

  22. robby mengatakan:

    selamat ulang tahun buat Bogor banyak yg harus diperbaiki, warga Bogor harus siap membantu menuju perbaikan Bogor yang lebih baik.
    hidup kota Hujan dari pada kota angkot.

    terima kasih.

    hanggadamai: kembali😆

  23. daeng limpo mengatakan:

    kampus IPB Baranangsiang
    awal aku mengenal kota ini

    lapangan sempur depan Kebun Raya
    Babakan Gunung Gede
    Babakan Raya Darmaga
    Asrama Latimojong
    dan F26.xxxx
    adalah Jejak-jejakku

    Selamat Ulang Tahun Kota Bogor
    begitu banyak kenangan maniez
    yang tak terlupakan……………

    —ex-penduduk Bogor—

    hanggadamai: daeng alumni ya???😯

  24. cK mengatakan:

    huhuhu…minggu kemaren sehabis dari bandung saya mampir ke bogor. tapi cuma bentar..:mrgreen:

    hanggadamai: coba lama,,, kita kopdar bareng blogGor..😛

  25. cK mengatakan:

    met ultah bogor, semoga harga tas disana makin turun..😀

    hanggadamai: semoga semoga semoga😆

  26. Rafki RS mengatakan:

    Selamat ulang tahun buat Bogor. Salah satu kota yang sangat saya sukai untuk dijadikan tempat domisili.

    hanggadamai: wew ???😆

  27. akmal hasan mengatakan:

    Met Ultah kota bogor…

    Semoga masyarakatnya bisa gemar ripah loh jinawi toto tentrem raharjo… (tolong jangan suruh saya terjemahin ya🙂 )

    Salam

    hanggadamai: trus siapa dong yg nerjemahin ??🙄

  28. theloebizz mengatakan:

    kompakan nih ma bunda bikin postingan ttg ultah bogor…ultahnya tangerang kapan yak??ahahaha….ga mikirin aaaah:mrgreen:

    eniwei….met ultah yo….jgn sering2 kirimin banjir..klo ngirimin makanan cemilan mah ga nolak😉

    hanggadamai: diriku juga gak akan nolak:mrgreen:

  29. nengthree mengatakan:

    selamat ulang tahun bogor..
    semoga asinannya makin enak😆

    hanggadamai: semoga🙂

  30. kaudanaku mengatakan:

    betul dik, dulu pas aku dateng thn 2000 sempat kedinginan (ndeso,red). eh…ladalah 4 thn kemudiam kepanasan mulu plus angkotnya seabreg. muuuacet lagi, awal2 ngerasain BS-Dramaga ga sampe sejam, sekarang brapa jam dik?

    met ultah kota bogor…………

    hanggadamai: kalo dr BS ke kampus dalem bisa ampe 3 jam..😦

  31. Menik mengatakan:

    i loveeeeeeeeeeeeeeeeeee Bogor😛

    Selamat HUT Kotaku Tercintah…🙂

    hanggadamai: siipp Bun!!!

  32. azaxs mengatakan:

    Baru sekali mampir ke Puncak.. ga apalah.. Slamat Ulang Tahun Bogor… Smoga orang miskin di Bogor semakin berkurang😆

    hanggadamai: amiennnn

  33. ladybugfreak mengatakan:

    oooh…Bogor ulang tau to? slamat-slamat..:)
    gara-gara imej kota sejuta angkot itu aku ndak jadi kul di situ…(padahal emang gak daptar ipb..hihihihihii…)
    lam kenal ye..:)

    hanggadamai: Lam kenal juga🙂

  34. Gyl mengatakan:

    Wah.. belum pernah kesana😐

    Yang pasti lebih sejuk daripada Surabaya🙂

    hanggadamai: diriku pernah ke surabaya , sama panasnya tuh😦

  35. ratutebu mengatakan:

    kalo orang bilang bogor, aku langsung ingetnya mas rayyan,, dunno waiii.. mungkin karena sodaraku yang disana adalah keluarga mas rayyan ya??:mrgreen:

    sekarang inget mas hangga juga dehhh.. nti kalo aku ke bogor, traktir makan ya!!!😆

    hanggadamai: insyaAllah🙂

  36. FIKAR mengatakan:

    dah tuaaaaaa ya, hhe

    hanggadamai: iya😆

  37. nenyok mengatakan:

    salam
    Aduh jadi kangen ke Bogor secara daku pernah tinggal disana selama setahun dan lumayan puas ngintipin orang ngedate di kebun raya😀 *hussh pamali*

    hanggadamai:😯

  38. achoey sang khilaf mengatakan:

    Bogor Oh Bogor
    Selamat Hai Jadi ya Bogorku

    hanggadamai:🙂

  39. don danang mengatakan:

    Aku tinggal di bogor udah 23 taun. Hihihihi

    Salam kenal

    hanggadamai: salam kenal ya mas.. mau ikutan blogGor??

  40. abiehakim mengatakan:

    Wah buta nih saya ama Bogor, tapi pernah main waktu itu masih SMP tahun 1987…

    hanggadamai: wew mas abie kapan ke bogor lagi??

  41. ayaelectro mengatakan:

    wah, dulu aku sering tuh ke bogor. skrg udah jarang gara2 sibuk sama urusan skolah.

    hanggadamai: klo gitu semangat y ngeblognya..

  42. goldfriend mengatakan:

    Tahun 1991 pertama kali ke Bogor dan saat itu masih sejuk banget. Tapi kalau sekarang ke Bogor, sepertinya nggak jauh beda dengan Jakarta.🙂

    hanggadamai: iya bang…😦

  43. Tumes_semuT mengatakan:

    wah kalo gitu nggersik jadi pionir, baru-baru aja kota yang lain ikut-ikutan nyusul jadi panas nggersik udah dari dulu hehehe

    hanggadamai: wew..udah dari dulu?😯

  44. yusdi mengatakan:

    ih pake banner fakir komen, tapi komennya ratusan…..heheheheh :mrgreen:

    hanggadamai: ini semuanya bener2 nyasar mas:mrgreen:

  45. penamerah mengatakan:

    Bulan kemaren saya beberapa kali ke Bogor dan ahai memang bener, julukan kota hujan keknya dah ga berlaku. Yang ada malah saya sesek dijalan ditambah lagi muka item gara2 asep knalpot menggumpal di dikemacetan (maklum ngonthel). 🙂
    tapi alhamdulillah saya dpt obat ketika menyisir kebun raya. Masih dapet sejuknya…
    Met ultah kota Bogor (jika direstui, insyaAllah sebentar lg sy jd orang Bogor🙂 )

    hanggadamai: semoga jadi orang bogor ya mas.. dan ikutan blogGor..😛

  46. Rosyidi mengatakan:

    wuih.. gila bener. Angkot segitu banyaknya…
    foto Itu di terminal ato di jalan? kalo dijalan wah pantesan aja kalo macet.

    hanggadamai: itu di jalan mas😦

  47. GiE mengatakan:

    Belom pernah ke bogor euy…
    Apa iya sama kayak jakarta?😕

    hanggadamai: sama tuh..😦

  48. cempluk mengatakan:

    tanggal 31 mei 2008 kemarin KOTA SURABAYA juga ultah ke 715..hehehe..

    selamat ulang tahun buat kota bogor🙂

    hanggadamai: beda berapa tahun tuh…😆

  49. Jiban mengatakan:

    sama seperti kota kelahiranku, salatiga..
    yang dulunya sejuk dan dingin, sekarang enggak lagi…

    hanggadamai: iya mas😦

  50. toim mengatakan:

    kalah tua ama surabaya.surabaya udah 715 taon
    *apa sih ini maksudnya?*😀

    hanggadamai: iya bang..

  51. namakuananda mengatakan:

    Selamat HUT Kota Bogor 526 tahun dan Surabaya 715 Tahun
    Semoga Bloger pada rukun dan erat persaudaraannya.🙂

    hanggadamai: sipp deh mas..

  52. Kendi™ mengatakan:

    bogor kota sejuta bloger😛

    *jadwalin d’banditos jjp ke bubulak ah😛

    hanggadamai: sipp mas…

  53. masciput mengatakan:

    dari dulu pengen main ke bogor tapi sampai sekarang belum kesampaian

    hanggadamai: kalo gitu ditunggu y mas..

  54. carra mengatakan:

    aku trakhir maen ke bogor pas masi SMP …🙄 yohhhh uda lama bangedh…😀

    hanggadamai:😯

  55. natazya mengatakan:

    adeuhhhh semua orang lagi menulis tentang BOGOR huhuuhuu

    pengen jalan jalan ma BFF ke Bogor lagi iiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiihhhhhhhhhh

    hanggadamai:klo gitu ditunggu y mbak..

  56. ilovebogor mengatakan:

    aduh nyasar ni ^^ nice blog🙂

    selamat ultah juga untuk kota bogor

    semoga kota bogor bisa menjadi kota yang nyaman🙂

    hanggadamai: selamat buat bogor

  57. Ikkyu_san mengatakan:

    Nenek moyangku lahir di Buitenzorg.
    Dan banyak yang meninggal dimakamkan di Cipaku.
    Bogor jadi rumah ke dua eh ke tiga ku deh…heheheh
    (pertama tokyo, ke dua jakarta, ke tiga Bogor, ke empat Taman Safari hahahah)

    hanggadamai: ajak2 dong ke tokyo:mrgreen:

  58. heryazwan mengatakan:

    Ga, bilangin ke walikotanya: “Pak Wali, angkotnya dibuang aja ke Teluk Jakarta biar jadi rumpon. Gantinya, pake bus aje yang pake bahan bakar minyak goreng gitu?”

    hanggadamai: klo ketemu ya om..😆

  59. ghozan mengatakan:

    masih mending di bogor banyak angkot… di bali mah gak ada angkot yang jelas maksudnya😀 bingung deh pastinya kalo mo naik angkot disini…

    hanggadamai: iya mas…diriku pernah ke bali..g ada angkot yg jelas..

  60. warmorning mengatakan:

    lama gak mampir ke bogor, titip salam buat sang hujan yah🙂

    hanggadamai: hujannya udah jarang dateng tuh😦

  61. ghaniarasyid™ mengatakan:

    Gilang aneh ya?
    Orang Bandung tapi belum pernah ke Bogor:mrgreen:

    *diceburin Gilang ke jurang*😯

    hanggadamai: **bantuin gilang nyeburin ghani**

  62. binchoutan mengatakan:

    iya niy… bogor udah nggak dingin…
    tapi dari kecil saya tinggal di bgr.. emang udah panas
    apalagi kalo mau hujan… duuh panas..gerah… :mrgreen:

    saya malah lebih betah sama udara di Bandung.. dingin n jarang hujan (kalo lagi jarang)

    nggak tahan sama angkotnya.. buaaaanyak banget..n mahal2 😦

    hanggadamai: iya bener😦

  63. Luthfi mengatakan:

    loh
    elu kan di kabupaten bogor
    buka di kota …
    kalo gw baru di kota … balio kan masuk kota
    hihiihhiihih

  64. niess mengatakan:

    jadi pengen ke bogor detik ini.. klo lusa udah gak kali…
    hehe..

  65. sunny mengatakan:

    ke bogor, emang gak ada tempat lain ya…………. he……he……. coba dehh ke surabaya, pasti puasss anda
    http://212baca.wordpress.com/2008/07/06/cerpen-bahasa-arab-memories-of-you-1/
    oke mampiiiiiiiiiir.

  66. winarsih mengatakan:

    Selamat lang tahun bogor.maaf saya telat???

  67. shinj mengatakan:

    bogor……
    dulu si boleh…..
    tp klo sekarang gmn yah….
    pasukan ijo nya itu yang ga kuat…..

  68. aris mengatakan:

    bogor top banget!

  69. dhany kurniawan mengatakan:

    brur…gw org bogor,lhir disana..gede disana…dpt cewe disana…nikah dan punya anak disana…sekarang gw dikudus…u blg bgor pns?
    salah
    coba u disini…kayak dibakar bos…gw baru 2 hari disini…tp dah kangen bgt ama bogor…untungnya bini gw tar lg kesini….jd gw ga kangen aroma bgr lagi,dan ada yang ngerti kalo gw ngomong bsa sunda…pgn jd bloger tapi gw ga tau caranya..wkwkwkwk ajarin brur…thanks…dhany_putra@yahoo.com ya

    • Andi Sempur mengatakan:

      tul.. spanas2nya Bogor ttap aj lbh sejuk di banding kota lain skitarnya…dan inget jg Bogor tuh kota paling indah dan hijau di Indonesia.. pokoknye ane cinta Bogor bgt dah… salam knal bro..

  70. fazri rizal mengatakan:

    bogor met’ulta ya.. kota yg m’besar diriku… i miss u bo0gorr

  71. Ami mengatakan:

    Bogor tuh baik..ngirim kado ‘banjir’ ke jakarta..tp jakarta tuh lebih baik lagi krn orang2ny pada bangun villa di puncak..jd sbg balasan kebaikan,bogor musti ngasi kado..hehe
    Selamt ultah kota bogor!
    Kota yang penuh orang2(mahasiswa) hebat..mengajarkanq byk hal sbg bekal tuk kotaku..

  72. dildaar80 mengatakan:

    Selamat ulang tahun bogor..

  73. Andi Sempur mengatakan:

    20 taon lalu di bogor kaga pernah macet, sepanjang hari slama 7 hari jalanan lancar.. sya tau krn slama 3 taon skolah di Bogor 91-94.. tp skarang dari Pangrango plaza aj (dulu Bogor internusa Plaza tmpt nongkrong favorit) ke tugu kujang macet… wah parah…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: