Hanggadamai’s Weblog

Ikon

Just Walking In The Park!

Yuk Kita Bantu Hak Mereka

Hak berasal dari bahasa arab yaitu haq yang memiliki arti kuasa atas sesuatu, atau untuk berbuat sesuatu (ditentukan oleh undang-undang, agama, adat istiadat dan dll). Hak Asasi Manusia menurut wikipedia adalah hak-hak yang telah dimiliki seseorang sejak ia lahir dan merupakan pemberian dari Tuhan. Dasar-dasar HAM tertuang dalam deklarasi kemerdekaan Amerika Serikat (Declaration of Independence of USA) dan tercantum dalam UUD 1945 Republik Indonesia, seperti pada pasal 27 ayat 1, pasal 28, pasal 29 ayat 2, pasal 30 ayat 1, dan pasal 31 ayat 1.

Contoh hak asasi manusia (HAM):

  • Hak untuk hidup.
  • Hak untuk memperoleh pendidikan.
  • Hak untuk hidup bersama-sama seperti orang lain.
  • Hak untuk mendapatkan perlakuan yang sama.
  • Hak untuk mendapatkan pekerjaan

Sekarang kita tinggalkan sejenak apa itu hak. Mari kita tengok korban lumpur Lapindo di Sidoarjo. Pada tanggal 2 mei 2008 kemarin, ratusan warga korban lumpur yang tergabung dalam Paguyuban Warga Renokenongo Menolak Kontrak (Pagar Rekontrak), Jumat melakukan aksi mengemis di sepanjang jalan Raya Porong, Sidoarjo, tepatnya di depan pintu masuk lokasi pengungsian Pasar Baru Porong (PBP). Lihat disini untuk lebih jelasnya.

Hingga saat ini mereka masih mengemis di sepanjang jalan raya. Makanan sehari-hari merekapun hanyalah nasi aking tanpa lauk apapun bahkan mereka harus bersabar mendapat giliran untuk mendapatkannya. Nasi karak itu menjadi santapan mulai dari orang tua hingga balita. Belum lagi ditambah akan permasalahan BBM yang sebentar lagi mau tidak mau harus mengalami lonjakan harga. Entah akan seperti apa mereka kelak.

Lalu sekarang yang jadi pertanyaan, sudahkah mereka mendapat hak yang sama? Apakah mereka sudah hidup dengan layak? Lalu bagaimana kelak nasib anak-anak korban Lapindo akan pendidikannya? Sudahkah mereka mendapat perlakuan yang sama seperti kita? Lalu apakah sebenarnya yang dinamakan Hak Asasi Manusia itu?

Terlalu banyak pertanyaan kenapa dan bagaimana dari permasalahan ini. Yang harus kita pikirkan sekarang adalah solusi dari semua ini. Kareba dirku yakin jika hal ini tidak segera ditanggulangi maka akan banyak kejahatan yang terjadi sebab faktor utama kejahatan adalah faktor ekonomi.

Sekarang tugas kita sebagai manusia, mari kita saling tolong menolong.

“Dan hendaklah kamu tolong menolong di atas perkara kebaikan dan taqwa dan jangalah kamu tolong menolong dalam perkara dosa dan permusuhan ” (QS. Al MAidah 2)

Ayat ini merupakan bukti utama betapa sikap bantu membantu merupakan bukti utama, betapa sikap bantu membantu merupakan salah satu akhlak mahmudah (terpuji).

“Perumpamaan kaum muslimin dalam urusan kasih sayang dan tolong menolong bagikan satu tubuh. Jika salah satu tubuh merasa sakit, maka menjalarlah penderitaan itu ke seluruh badan hingga tidak dapat tidur dan (merasa) panas.” (HR Bukhari dan Muslim)

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa sebagian dari harta kita adalah hak mereka (fakir miskin dan anak-anak terlantar)

******************************************************

Tiap rasa lelah yang terasa

Tiap tetes peluh yang mengalir

Tiap cacian dan hinaan yang terhimpun

Tiap penghargaan dan pujian yang terhimpun

Adalah Buah tiap usaha yang dilakukan manusia

********************************************************

Tulisan ini terkait dengan:

Jika Harga BBM Naik…

Blogger Bersatu untuk Hak Asasi Manusia

Nasi Aking dan Sirnanya Empati Kita terhadap sesama

Bloggers Unite

Filed under: aku menangis, Berita, dunia itu fana, , ,

79 Responses

  1. aRuL mengatakan:

    semoga kita tidak hanya prihatin, tapi juga bertindak buat mereka🙂

  2. leah mengatakan:

    saatnya buka mata buka telinga..

  3. Farijs van Java mengatakan:

    hehe…

    kemarin ga jadi nulis ttg HAM. lagi ga mood.

    (^_^)v

    ga tau pemerintah lagi di mana….

  4. Abeeayang™ mengatakan:

    ditunggu aksi nyata….

  5. edy mengatakan:

    saya takut mo nulis tentang HAM
    soalnya kemerdekaan menulis di negeri ini masih di awang-awang😐

  6. itikkecil mengatakan:

    yang harusnya tanggungjawab kayaknya lebih milih pura-pura gak tau…

  7. abiehakim mengatakan:

    Mulai yang paling deket aja dulu, tetangga kita atau bahkan ada saudara kita yg ternyata hidupnya masih kekurangangan ( tanpa mengabaikan nasib orang lain )

  8. ulan mengatakan:

    kalau memang pemerintah kita enggak perduli, kita aja yang perduli ama pemerintah..
    menjadi rakyat yang mengayomi pemerintah..
    *enggak.. enggak nyindir kok ..*

  9. tukangobatbersahaja mengatakan:

    mari kita saling membantu

  10. Agus Sanjaya mengatakan:

    gak tau nih pemerintah tuh emang gak tau atau pura2 gak tau yah? heran deh persoalan ini jadi berlarut2 gto udah lebih dari setahun gak ada penyelesaian apa2 malah korban bertambah terus… ayo pemerintah mana janjimu!!!

  11. toim mengatakan:

    permasalahan lapindo emang sulit utk dituntaskan, krn banyak kepentingan bermain disana😦

  12. neng fey mengatakan:

    lama2 pulau jawa tenggelam gara2 lumpur, hiks

  13. tc mengatakan:

    Aku tetep heran kalo liat kasus lapindo… koq bisa2nya sih bakrie tenang2 aja?? malah kasusnya dilimpahkan ke pemerintah??
    Tutup aja salah satu usahanya untuk ganti rugi ke korban lapindo…
    *Sigh..
    gak ngerti aku soal pemerintah kayak gini..ribet..!

  14. yanti mengatakan:

    Hmmm… saya kok kepikiran… para blogger untuk beraksi nyata ya… sudah lelah tangan ini menulis… sudah berair mata ini membaca dan menangis… ayolah… pasti ada yang bisa kita kerjakan….

  15. carra mengatakan:

    kadang suka mikir… orang2 dikasih BLT 100 rebu pdhl buat biaya hidup pengeluaran mereka bisa naek hingga 300 rb krn BBM naik gini… trus yg 200rb mereka tutup pake apa? …😐 ga ngerti ah masalah pmrth ginian… jalan pikiran mereka kadang ga bisa dilogika… jadi memang kita2 sendiri yg bisa bantu sodara2 kita itu… smoga bisa jadi langkah nyata🙂

  16. iva mengatakan:

    pernah sih kemaren saya ikut pertemuan HAM yaitu tentang Hak sipil polotik dan ekosob (ekonomi sosial budaya) ya semoga kita bisa mendapatkan hak kita dan memberikan hak kepada orang lain dengan seadilnya

  17. heryazwan mengatakan:

    Hangga, hak memang berasal dari bahasa Arab, tetapi arti asalnya secara bahasa adalah “KEBENARAN”.Contohnya, qulil haqqo walau kaan murron (katakanlah yang benar meskipun pahit). Atau bisa dilihat di surat Al Ashr, “wa tawaashow bil haqqi” (dan saling berwasiatlah kamu untuk kebenaran).
    Lawan haq adalah bathil.
    Dalam bahasa Inggris, hak adalah RIGHT yang juga berarti kanan.
    Ada enggak ya hubungan antara hak, kebenaran dan kanan? Kayaknya ada benang merahnya kan? Menegakkan hak asasi manusia sama dengan menegakkan kebenaran.
    Dalam Alquran disebutkan bahwa nanti pada hari kiamat siapa orang yang masuk syurga, catatan amal perbuatannya diberikan dari sebelah kanan.
    Nyambung kan?

  18. shaffiyah mengatakan:

    saatnya aktualisasi bukan retorika🙂

  19. wennyaulia mengatakan:

    Sebagaimana yang kita ketahui bahwa sebagian dari harta kita adalah hak mereka

    sebagian harta mas hangga adalah hak saya!:mrgreen:

  20. adis mengatakan:

    Let’s Act!!

  21. yellashakti mengatakan:

    walah tambah mumet aku

  22. yellashakti mengatakan:

    kopdar itu hak asasi manusia juga gak sih?

  23. kucingkeren mengatakan:

    busyet…riset tulisannya komplit amat nih…. Ayoo dilaksanakan semua teori itu.. kapan? sekalian kopdar…🙂

  24. zoel chaniago mengatakan:

    postingan yang bagus,,,,,,,, ayuuuuuuuuuuuuu kita bantu meraka

  25. FaNZ mengatakan:

    let’s do what we can to help them
    semoga g cuma kata² ajah

  26. nh18 mengatakan:

    YA …
    Kita lakukan apa yang bisa lakukan …
    dengan sepenuh hati …
    sekecil apapun itu … percayalah itu bisa membantu …
    jika kita melakukannya bersama-sama

    Salam saya Hangga …

  27. Fikar mengatakan:

    langsung act aja untuk membantu mereka…

  28. chic mengatakan:

    mudah-mudahan sih aksi yang diberikan jatuh ke orang-orang yang tepat, bukan ke free rider-nya..🙂

    ditunggu aksi nyata-nya…

    OOT:
    tumben posting mu rada bener nak… lagi kesambet ya… 😆😛

  29. insansains mengatakan:

    ^_^ Ide solusi kongritnya untuk kita apa?

  30. Ika mengatakan:

    Mari sama2 bntu.walau sdikit2 tp kl dikumpulin mungkin bs utk dibrikan pd mreka.

  31. pagi mengatakan:

    semakin kusut dan ruwet, sampai yang mo nolong ga tau hrs mulai dari mana, ayo sapa yg mau jadi pahlawan ?

  32. tintin mengatakan:

    HAM .. humm .. produk mana yah ..??🙂

    mas gimana dengan HAM tentang hidup beragama ..??🙂

    pakah HAM tentang hidup beragama sama dengan mengatakan semua agama baik dan benar ..?? 🙂

    CUma solusi nih ..🙂

    ada yang mau nggak mengkoordinir, bila semua orang di Indonesia menginfakkan Rp 1000, dikumpulkan, dan di jadikan satu setiap bulan, dan khusus hanya untuk orang yang bekerja , dan menurut saya 1000 ini sangat mudah dikeluarkan tiap bulan ..

    bayangkan seluruh indonesia loh ..:) tiap bukan .. berapa ratus juta orang indonesia di kali seribu ..

    tiap bulan bakal terkumpul berapa M ..🙂 Insya ALLAH itu bisa membantu ..

    minimal yang punya rekening haruslah orang yang amanah ..🙂

    i wish our leader can think like that, bertanggung jawab dengan uang yang dikumpulkan dan disalurkan .. dengan amanah ..

    SUbahanalloh ..🙂

  33. achoey sang khilaf mengatakan:

    bersatu

    saya ikut mahasiswa

  34. achoey sang khilaf mengatakan:

    Hangga, kapan demo?

  35. CDSI mengatakan:

    AYO BERSATU…..
    LAKUKAN AKSI-AKSI MASSA SETIAP HARI
    21 MEI DAN 1 JUNI : KEPUNG DAN DUDUKI ISTANA
    Gagalkan Rencana Kenaikan Harga BBM…!!!
    Genderang perlawanan rakyat Indonesia, melawan rencana kenaikan harga BBM telah dibunyikan; Mahasiswa, kaum miskin kota, kaum buruh, kaum tani dan perempuan di seluruh penjuru Indonesia, setiap hari melakukan aksi-aksi, dan terus membesar dan menyatu dari hari ke hari. Ini menunjukan, bahwa tingkat kesejahteraan rakyat sudah dalam batas yang paling rendah, sehingga kenaikan harga BBM sebesar 30 %, tidak akan lagi sanggup di tanggung oleh rakyat Indonesia.
    Argumentasi kuno yang di sampaikan oleh Pemerintah, DPR, Elit Politik maupun Intelektual Tukang, semuanya seragam; Kenaikan harga minyak dunia yang mencapai US $ 120/barel atau Rp 1.116.000/barel atau Rp 7018/liter akan menyebabkan kenaikan subsidi dalam negeri sebesar 21,4 trilyun rupiah, sementara negara tidak mempunyai anggaran, sehingga mau tidak mau, harga BBM dalam negeri harus di naikan sesuai dengan harga BBM Internasional.
    Yang tidak pernah mereka katakan adalah kenapa harga BBM Internasional cenderung naik? Dan kenapa harga BBM dalam negeri harus selalu mengikuti harga BBM Internasional ?
    Sebab-sebab Kenaikan Harga BBM Internasional:
    1. Sebab yang paling sering diberitakan adalah menurunnya pasokan dari negeri-negeri penghasil minyak, baik karena sedang ada pergolakan (seperti Irak ataupun Nigeria), menurunnya cadangan minyak di beberapa negara (misalnya Indonesia) maupun karena pemerintah dan rakyat di beberapa negara sedang melakukan nasionalisasi terhadap perusahaan-perusaha an minyak Internasional (seperti yang terjadi di Venezuela), sementara kebutuhan energi terus meningkat, baik di negara-negara Imperialis (Amerika sebesar 20,59 juta barel per hari, Jepang sebesar 5,22 juta barel per hari, Rusia sebasar 3,10 juta barel per hari ) maupun di negara-negara yang sedang meningkat pertumbuhan ekonominya (seperti India sebesar 2,53 juta barel per hari maupun Cina sebesar 7,27 juta barel per hari), sekalipun tidak ada bukti kuat, yang menyatakan bahwa Industri Minyak yang ada di seluruh dunia, tidak mampu memenuhi kebutuhan tersebut.
    2. Penyebab yang sejati, dan ini yang jarang sekali di beritakan adalah spekulasi minyak di pasar saham Internasional. Seperti juga halnya dengan saham-saham lainnya, maka perdangan saham minyak ini sangat rentan dengan spekulasi-spekulasi , inilah yang sebenarnya menjadi pemicu utama kenaikan harga BBM Internasional
    Sebab-Sebab Kenaikan Harga BBM Indonesia :
    1. Harga BBM di Indonesia selalu naik mengikuti harga dunia karena mayoritas Perusahaan Minyak dan Gas di Indonesia, di kuasai oleh Modal Asing (Pemilik Industri Minyak Dunia) sehingga hasil dari minyak Indonesia, lebih diutamakan untuk di jual ke pasar Internasional, dan jikapun harus dijual di Indonesia, maka harganya sama dengan harga BBM Internasional itu (yang di tentukan oleh mereka juga).
    2. Yang di jual ke dalam negeripun, di batasi hanya 15 % dari total produksi, itupun pemerintah harus membeli dengan harga Internasional selama 60 bulan, padahal seharusnya itu adalah kewajiban Perusahaan-Perusaha an Asing itu, dan seharusnya juga bukan hanya 15 %, tetapi lebih banyak, toh itu minyak di ambil dari tanah kita.
    3. Indonesia tidak punya Industri yang mengolah minyak mentah ke minyak siap pakai, sehingga BBM yang sehari-harinya kita gunakan itu, harus kita beli dari Negara lain. Sederhananya, kita punya minyak mentah (tapi di kuasai Asing, hanya sebagian kecil di kuasai PERTAMINA) di bawa ke luar negeri untuk di olah, kemudian kita beli lagi dengan harga Internasional, itu yang membuat harga BBM kita selalu mengikuti harga Internasional.
    4. Yang membuat lebih mahal lagi, pembelian ataupun penjualan minyak itu melalui perusahaan-perusaha an broker, sehingga lebih mahal lagi ketika di jual ke rakyat (besarnya keuntungan untuk import bisa mencapai 30 sen per barel, dengan total impor kita mencapai 113 juta barel per tahun, sehingga keuntungan broker adalah US $ 170 juta, atau 1,6 trilyun rupiah. Sedang untuk eksport keuntungan broker US $ 2 per barel, dengan ekport kita per hari adalah 490 ribu barel, sehingga uang yang masuk ke kantong broker adalah 9,3 milyar rupiah per hari atau 3,3 trilyun per tahun.
    5. Yang lebih Parah lagi, seluruh biaya Perusahaan-Perusaha an Asing itu untuk mengambil minyak mentah ( mulai dari survey awal hingga produksi berjalan) sepenuhnya (alias 100 %, bahkan sekarang mencapai 120% karena ada tambahan 20 % bagi perusahaan-perusaha an yang mengembangkan sumur-sumur minyak yang telah diolah sebelumnya ) di biayai oleh Pemerintah (tentu dengan uang rakyat, yang dibayar lewat pajak dan lain sebagainya), yang biasa di sebut cost recovery
    Kesimpulan :
    1. Jadi sekalipun Bangsa Indonesia memiliki sedikitnya 329 Blok/Sumber Migas dengan lahan seluas 95 juta hektar (separuh luas daratan Indonesia ) dengan cadangan minyak yang diperkirakan mencapai 250 sampai dengan 300 miliar barel (Setara Arab Saudi sebagai produsen minyak terbesar di dunia saat ini) dengan total produksi minyak mentah hari ini mencapai 1 juta barel per hari atau 159 juta liter per hari, tidak bermanfaat bagi Rakyat Indonesia.
    2. Dengan kesanggupan memproduksi BBM mentah sebesar 1 juta barel perhari, dengan harga saat ini US $ 120 / barel) maka nilainya mencapai 1,104 triliun per hari atau 397,44 triliun per tahun. Belum termasuk nilai penjualan gas yang juga luar biasa besarnya, mencapai 82,8 trilun per tahun. Jika semua Industri Minyak ini di kuasai oleh Negara yang pro rakyat, maka tidak akan pernah ada Defisit Anggaran Negara karena kenaikan Harga BBM Dunia (Defisit Anggaran 21,4 trilyun jauh di bawah keuntungan 397,44 trilyun dari Minyak di tambah 82,8 trilyun dari Gas)
    3. Belum lagi Negara tidak perlu mengeluarkan cost recovery yang sangat besar. Sampai Pertengahan tahun 2007 saja, pemerintah sudah mengeluarkan dana 93,9 trilyun rupiah.
    4. Keuntungan untuk rakyat akan bertambah, jika Minyak Mentah di Indonesia, bisa di olah sendiri, tanpa harus membawa ke luar negeri untuk di olah, dan kemudian di beli Indonesia lagi. Bayangkan saja, untuk Broker saja (ekspor di tambah import), terbuang uang 4,9 trilyun rupiah pertahun
    5. Sekarang bandingkan dengan dana BLT yang hanya 14 trilyun selama 6 bulan untuk jutaan orang, yang dalam prakteknya 100 ribu perbulan, atau 3000 perhari. Ganti ongkos angkutan seandainya harga BBM nanti naik, itu saja sudah tidak cukup.
    Kenapa Bangsa Indonesia Yang Kaya dan Besar Bisa Terjajah Modal Asing?
    1. Karena seluruh Kekuatan Politik Indonesia (Partai Sisa Orde Baru, Tentara, Partai Reformis yang sebenarnya Gadungan, Partai Nasionalis yang juga Gadungan, juga Partai yang mengatasnamakan Agama , tetapi membiarkan umatnya terjajah) pengecut di Hadapan Modal Internasional, bahkan dengan suara bulat mendukung pengesahan segala macam UU atau peraturan yang membiarkan Modal Internasional menjarah kekayaan alam termasuk minyak kita (yang terbaru adalah UU Penanaman Modal dengan segala turunannya) dan mengisap tenaga kerja kita. Jika sekarang PDIP, PKB, PKS atau Ketua DPR yang GOLKAR itu menolak rencana kenaikan BBM, itu hanya jualan buat menang pemilu 2009 nanti. Demikian juga dengan Tokoh-Tokoh Elit Politik Lama yang sekarang berada di Pinggiran, yang sibuk berkoar menolak, sejatinya juga sama saja, tidak ada yang sejati berani melawan Penjajahan Modal Asing, seperti Castro di Kuba, Chavez di Venezuela, Evo Maorales di Bolivia ataupun Soekarno di Indonesia.
    2. Karena Intelektual (Pengamat Ekonomi, Politik dan lain sebagainya, Rektor maupun Dosen) juga sama pengecutnya, bahkan banyak yang bersedia di bayar oleh Modal Internasional melalui pemerintah ataupun yang lain, untuk mendukung program-program Penjajahan itu (baik dengan memberikan dana penelitian, beasiswa, fasilitas dan lain sebagainya)
    3. Pengusaha-pengusaha dalam negeri, juga bermental sama seperti Elit-Elit Politik itu, bukanya melawan Dominasi Modal Internasional, malah menjadi agen-agen Modal Internasional, bahkan yang sekarang gencar mendukung kenaikan harga BBM adalah Organisasi Pengusaha seperti KADIN (Kamar Dagang Indonesia) dan APINDO (Assosiasi Pengusaha Indonesia).
    4. Kekuatan utama yang sanggup menghadapi Modal Internasional, yakni Klas Buruh dan Rakyat Miskin belum menunjukan kekuatan sejatinya, berupa Mobilisasi Aksi Nasional dan Persatuan Organisasi Gerakan.
    Jalan Keluar Rakyat Indonesia :
    1. Ambil Alih seluruh Industri Migas di Indonesia, juga Industri vital lainnya, oleh penyatuan mobilisasi rakyat dan di bawah kontrol rakyat.
    2. Hapus Hutang Luar Negeri, dengan kekuatan penyatuan mobilisasi rakyat
    3. Bangun Kerja sama dengan pemerintah dan rakyat Venezuela dan Bolivia untuk pembangunan Refinery dan Industri Minyak di Indonesia
    4. Diversifikasi Energi yang menjamim kelangsungan lingkungan
    5. Singkirkan Kaum Modal, Elit dan Parpol Penipu Rakyat, bangun Kekuasan Rakyat Sendiri
    Jalan Keluar Jangka Pendek :
    1. Batalkan Rencana Kenaikan Harga BBM dan Turunkan Harga
    2. Potong Gaji Pejabat dari Pejabat-Pejabat di Tingkat Nasional, hingga tingkat Kecamatan sebesar 50 %
    3. Potong Gaji Eksekutif di Perusahaan Swasta sebesar 50 %
    4. Pembatasan Mobil Pribadi dengan cara membatasi jumlah mobil yang bisa dimiliki, menaikan pajak mobil, menaikan biaya parkir dan lain sebagainya
    5. Tetapkan Pajak 35 % dari penjualan Eksport dan Import Minyak
    Seruan Persatuan Perlawanan :
    1. Lakukan Aksi-Aksi Massa setiap hari, di manapun, dengan cara pemogokan pabrik, blokir jalan, pendudukan kantor-kantor pemerintah, maupun dengan aksi-aksi massa di jalan-jalan untuk menggagalkan kenaikan harga BBM
    2. Satukan aksi-aksi mahasiswa dengan aksi-aksi rakyat, jadikan kampus sebagai salah satu tempat konsolidasi perlawanan massa rakyat.
    3. Melakukan Aksi Nasional secara serentak, pada tanggal 21 MEI 2008 dan 1 JUNI 2008, kepung pusat kekuasaan dan duduki. Di Jakarta : Ayo Bersatu Kepung dan Duduki Istana.
    4. Bangun Persatuan Gerakan Rakyat Melawanan Penjajahan secara Nasional sebagai embrio Pemerintahan Rakyat.
    21 MEI DAN 1 JUNI : AYO BERSATU, KEPUNG DAN DUDUKI ISTANA !!
    GAGALKAN KENAIKAN HARGA BBM DENGAN PERSATUAN MOBILISASI RAKYAT!
    AMBIL ALIH INDUSTRI MIGAS, OLEH PERSATUAN MOBILISASI RAKYAT DAN DIBAWAH KONTROL RAKYAT!
    SINGKIRKAN KAUM MODAL,ELIT POLITIK DAN PARTAI PENIPU RAKYAT..SAATNYA RAKYAT BEKUASA!!

  36. Andre mengatakan:

    wah…hebat2 bisa bikin postingan kaya gini…saya aja udah mo bikin postingan kaya gini dari seminggu yang lalu gak jadi-jadi..bego sih emang..:P

    btw, yang diatas ku ini…*sigh..*…daripada komen, apa gak mending bikin postingan sendiri aja…*Swt..*

  37. gajahkurus mengatakan:

    “Sebagaimana yang kita ketahui bahwa sebagian dari harta kita adalah hak mereka (fakir miskin dan anak-anak terlantar).”
    Setuju.
    Dan menyedekahkan sebagian harta itu tidak lantas mencari yang yang jauh. uingkin di sekitar kita, atau boleh jadi ada sebagian saudara dekat kita yang membutuhkan. Itulah hak mereka mendapatkan bantuan kita.

  38. nung mengatakan:

    sip…sip…sip…tautin donk link ane ksini, biar rame gtu lho🙂

  39. ick mengatakan:

    indonesia memang sperti itu…. tunggu korban banyak dulu baru ada penanggulangannya…. tul ndak bro?

  40. wawan mengatakan:

    mas mbak ada paket wisata yang gak gratis..he, coba di http://www.kibchome.multiply.com wisata melihat BURUNG GARUDA DI ALAM..

  41. Okta Sihotang mengatakan:

    @ick
    bener tuh apa kata si ardy
    pemerintah kita emang lambat…
    ape degh…

  42. mZ.anGgIe mengatakan:

    sepertinya para petinggi di atas sana sudah lupa akan hak-hak warganya…mereka terlalu sibuk memikirkan hak mereka sendiri…

  43. Hasan Seru mengatakan:

    gerakan 1000… tiap2 orang urun seribu rupiah

  44. nenyok mengatakan:

    Salam
    Iya tuh saya mah sampai bingung, secara pemerintah kok sedikit banget tanggung jawabnya, malah dikategorikan bencana alam lagi, seakan2 mau lepas tanggung jawab, pdhl permasalahan seperti itu sangat rawan konflik sosial😦

  45. masmoemet mengatakan:

    🙄🙄🙄
    moemet’z masssss ….. *jatoh keselokan*

  46. masmoemet mengatakan:

    yuhuuuu ternyata diriku komen ke 45 …. kesempatan langka bisa komen ke 45 …. ga semua orang bisa loh ….

    *jingkrak2 … nari2 … treak2 … lompat2 … kesandung jatoh keselokan lagi*

  47. RhyzQ mengatakan:

    kapan neh aksi sosialnya?😉

  48. proletarman mengatakan:

    komnas HAM aja cuman sibuk kucing-kucingan dengan para Jendral. Kapan Komnas HAM akan membela korban lumpur Lapindo?? dan mulai memperjuangkan HAM yang sebenarnya???

  49. antown mengatakan:

    saya orang sidoarjo🙂

  50. natazya mengatakan:

    mari

    rasanya ga perlu tetapkan target yang terlalu luas dan buas, sekitar dulu bagaimana?

    ah… yang penting usaha!😀

  51. Robert Manurung mengatakan:

    Setuju. Ketika pemerintah lebih peduli pada kepentingan pemilik modal; dan ketika kehidupan para korban Lapindo berada di ujung tanduk, satu-satunya harapan mereka adalah uluran bantuan dari sesama yang iba dan peduli.

    Salam Merdeka !

  52. Yari NK mengatakan:

    HAM sebagai hak dasar yang harus didapatkan oleh setiap manusia sejak seseorang manusia itu lahir memang terkadang sering terabaikan terutama oleh kepentingan2 politik. Seringkali manusia tidak sadar bahwa ia telah merampas hak2 azasi orang lain sementara ia tak rela hak azasinya sendiri dirampas…….. sudah saatnya kini kita mulai menghormati hak azasi manusia pada setiap individu masing2……

  53. Menik mengatakan:

    insya Allah, Ngga.. kita bantu mereka..
    ayo Bloggor !!!

  54. Maunya sih begitu, tapi bagaimana caranya konkretnya ya

  55. ashardi mengatakan:

    Lha itu komen yang #35 mbok ya di link aja, jadi gak panjang2 komennya…

    :p

  56. indra1082 mengatakan:

    DUKUNG & DOAKAN TIM UBER INDONESIA

  57. dadan mengatakan:

    tumben postingannya berat kayak gini 😀

  58. kabarihari mengatakan:

    hmm sepertinya usul yang luar biasa..

    *nyodorin sedikit sisa gaji bulan kemarin

  59. Edi Psw mengatakan:

    Setuju, semoga mereka diberi ketabahan dalam menghadapi ujian. Amin.

  60. langitjiwa mengatakan:

    di tunggu tanggal mainnya,kang

  61. sarahtidaksendiri mengatakan:

    Setujjuuu….
    *ngangkat kepalan tangan* “Semangat!!”

  62. fuad syamee mengatakan:

    mari kita berjuang lewat hal-hal seperti ini….yuukkkk….

  63. petak mengatakan:

    Lapindo kapan mampetnya ya?

  64. syahrizal pulungan mengatakan:

    setuju dengan arul tidak prihatin saja tetapi turut bertindak

  65. mybenjeng mengatakan:

    minimal dari diri sendiri.
    mulai dari sekarang…

  66. realylife mengatakan:

    ayo kita semua dukung … semoga negeri ini ke depannya makin lebih baik lagi

  67. kakanda mengatakan:

    Mulailah dari diri kita
    1. Setiap penghasilan/pendapatan yang diperoleh, dikeluarkan zakatnya 2,5%,
    2. Perbanyak infak/sedekah.

    Serahkan kemana ?
    1. Lebih baik, ke yang terdekat dengan kita
    2. Atau setorkan ke amil zakat yang dipercaya

  68. kakanda mengatakan:

    Bisa juga, seperti diusulkan beberapa blogger,
    aksi nyata para blogger

  69. ghaniarasyid™ mengatakan:

    yuk bertindak….
    kalo dalam Islam kan udah diatur ngeluarin infaq, zakat fitrah dan zakat mal.
    Ya, harus bertindak!!!

  70. suhadinet mengatakan:

    Mas Hangga,
    Banyak yang merasa kasian dengan mereka,
    tapi banyak juga yang mengambil manfaat dari mereka untuk kepentingan-kepentingan tertentu..
    Mari kita bantu sesama, banyak orang susah di sekitar kita..

  71. aminhers mengatakan:

    let’s me see

  72. edratna mengatakan:

    Sebetulnya dari pajak (masih tak cukup karena tak semua membayar pajak sesuai keuntungannya), kemudian potongan 2,5 % dari gaji yang dikumpulkan(sesuai aturan agama Islam), banyak yang sudah bisa diperbuat, asal memang penyalurannya benar.

  73. agn mengatakan:

    220 milyar cukup gak? 220.000.000 X 1000 = 220.000.000.000..

    Kalau setiap kepala nyumbang 1000 perak, lumayan juga hasilnya.. hehehehe..

  74. Sawali Tuhusetya mengatakan:

    dalam kecapekan, eh langsung, komen vertamax, di blog mashangga, hehehehe😆 makasih mashangga telah ikut mengingatkan kita bahwa selama ini di sekitar kita masih banyak saudara2 kita yang terampas hak2nya.

  75. Chandra mengatakan:

    Ass …

    Semoga bangsa ini segera melewati masa-mas kritis …

    Wasalam …

  76. domba garut! mengatakan:

    ..jangan lupa tindakan kita dalamkehidupan sehari-hari harus hemat, ya hemat pemakaian energi dan bijak dalam mengkonsumsi energi..

    soal HAM.., cari tau dulu deh artinya bagaimana? jangan cuman teriak2 HAm sambil berupaya cari donasi dari LSM asing untuk jadi juru propagandanya mereka menjual ham untuk menghadirkan agenda strategis mereka…

  77. […] suffer from the impact of the mud and have to beg to passengers to buy food for themselves. They have not accepted any payment or received help from the government. I don’t know what is the problem of relocating them and […]

  78. fendhy mengatakan:

    Mari kawan,jangan hanya bicara saja,tapi tunjukkan juga dengan bukti nyata. Nyok,kita bantu saudara2 kita yg tertimpa musibah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: