Hanggadamai’s Weblog

Ikon

Just Walking In The Park!

Apalah Artinya Usahaku Selama Ini?

Diriku sedih mengapa sekarang kebanyakan orang selalu berorientasi ke nilai bukan ke PROSES.

Apalah arti sebuah nilai tanpa mengetahui betapa berharganya proses?

Jikalau kita sudah melewati betapa beratnya proses itu,

dan hasil yang kita dapatkan tak sesuai yang kita inginkan,

Maka kita pasti masih bisa tersenyum betapa hebatnya kita bisa melewati rintangan tersebut.

Apa artinya kemenangan jika kemenangan itu dilihat sari sisi nilai bukan proses?

Kemenangan tanpa proses hanyalah kekalahan yang terkaburkan.

Toh kemenangan itu tak datang.

Memang sungguh sangat miris.

Orang yang diberi kepercayaan, mengapa malah mengkhianati artinya kepercayaan itu?

Bahkan dia tidak menyadarinya.

Orang yang sudah berkoar betapa pentingnya kemenangan tanpa melihat proses,

Kini yang dia dapat hanyalah kekalahan.

Mungkin itu ganjaran buatnya!

Wallahu alam.

Percuma sudah usahaku selama ini!

Tanpa adanya kesempatan, tak ada arti betapa panjang usahaku!

Sia sia sudah..

Di dunia ini terlalu banyak orang yang menghakimi tanpa mengetahui proses.

Lalu sekarang, apa artinya usahaku?

Kesempatan itu tak pernah datang? Bahkan ia sudah pergi jauh dan takkan datang lagi.

Karena kesempatan datang hanya sekali.

Diriku sangat yakin.

Ah.. hatiku kini sungguh sangat kacau

Diriku sangat kecewa!!!!

Butuh suasana menyegarkan untuk memulihkan sakitnya hatiku.

Filed under: aku menangis, Curhat, dunia itu fana, ,

108 Responses

  1. masmoemet mengatakan:

    yuhuuuuuuuuuuuu pertamazx]xzxzxxxxxxxxxxxxx
    *guling2 – jingkrak2 – triak2 – goyang2*

    ——————————-

    P3K ( Pengamanan Pertama Pada Kroni bunda menik )
    *maksa.com*

    hanggadamai:😥

  2. masmoemet mengatakan:

    *ga peduli suasana hati mas hangga saat ini*

    yuhuuuu keduaaaaxxxxxx

    > sadar <

    upz … maaf mas … ternyata postingannya lagi sedih

    *nutup mulut pake lakban … bhphhhhbhhhh*

    hanggadamai:😥

  3. masmoemet mengatakan:

    *serius mode on*
    —————
    kl ga salah dengar ( semoga waktu itu aku ga lagi tuli ), kesempatan tidak hanya datang satu kali, hanya saja beda model ato beda situasinya. misal saja dalam suatu olimpiade olahraga, kita kalah dalam cabang olah raga lompat tinggi ( atlet = presty ) maka seolah kita akan hancur krn ‘kesempatan’ untukmembawa pulang emas dari olah raga itu pupus. tp disisi laen kita ternyata menang dalam cabang olah raga makan ( atlet = bunda menik ) dan kita berhasil membawa pulang emas. maka dapat dikatakan ‘kesempatan’ untuk membawa pulang emas sudah kita raih walo tidak melalui cabang olah raga lompat tinggi. intinya, kita harus ttp semangat. bukankah hidup adalah perjuangan … kata si DEwA siihh … hehehe

    hanggadamai: masalahnya kesempatan itu dihilangkan orang lain kang😥

  4. RhyzQ mengatakan:

    diriku sepakat dgn dirimu…

    hanggadamai: makasih ya mas tiar..

  5. aminhers mengatakan:

    Jangan terlalu terbawa oleh hati yang gundah, apa yang ada di depan mata itulah kenyataan !

    hanggadamai: makasih mas..

  6. RhyzQ mengatakan:

    tp sebenarnya diriku bingung dirimu ini membicarakan nilai apa dan proses dalam hal apa? mudah2an ini bukan persoalan skripsimu yg berantakan gara2 ngebelog mulu.

    hanggadamai: bukan kok mas😦

  7. RhyzQ mengatakan:

    tp ga papa deh, ngeblog kan lebih penting dari skripsi:mrgreen::mrgreen::mrgreen:

    hanggadamai: bukan skripsi kok mas😦

  8. RhyzQ mengatakan:

    woi… si jilbab merah mana?

    *dilempar pake bola basket*

    hanggadamai: *nimpuk pake batu*

  9. Sawali Tuhusetya mengatakan:

    itu juga akibat merajalelanya budaya mendewakan angka2 sejak di bangku skeolah, mas hangga. budaya instan jadi pilihan. ndak peduli bagaimana prosesnya, yang penting ada hasilnya. mas hangga kok seperti nyindir masalah ujian nasional, sih?

    hanggadamai: ya begitulah pak.. sungguh sangat miris bukan? mungkin postinganku ini juga berkaitan dengan ujian nasional di indonesia yang selalu berorientasi kepada nilai

  10. Nongkrong mengatakan:

    Keduanya saling berproses mas Hangga. Nilai (saya artikan tujuan) dan Proses. Namun memang begitu banyak orang lebih melihat tujuan ketimbang proses yang dilakukan. Membaca postingan di atas, Semoga Usaha Kita selalu sampai!!!!

    Salam
    TB

    hanggadamai: kebanyakan orang melihat tujuan dengan menghalalkan berbagai cara. semoga usaha kita semuanya tercapai. amien

  11. djunaedird mengatakan:

    Kalau semua orientasi melulu tertuju pada hasil akhir, kapan kita bisa menikmati, meresapi, menghayati apa yang tengah kita alami❓.

    hanggadamai: itu dy yang ingin diriku sampaikan🙂

  12. wennyaulia mengatakan:

    sabar, mas
    anggap saja bagian dari pembelajaran hidup🙂
    *menghibur diri sendiri jugak:mrgreen:

    hanggadamai: yups, mungkin ini bagian dari proses kehidupanku mbak🙂

  13. wennyaulia mengatakan:

    btw, nek nulis namaku pake dobel ‘n’ dan ‘y’, mas
    bukan single ‘n’ dan ‘i’:mrgreen:
    awas salah lg😈

    hanggadamai: iya mbak😛

  14. kutaraja mengatakan:

    Kesempatan tidak benar hanya datang sekali, beliau (kesempatan itu) akan datang lagi, tapi dengan bentuk yang lain.🙂

    hanggadamai: yups benar banget… semoga kesempatan itu datang di saat yang tepat🙂

  15. ashardi mengatakan:

    yo ndak papa tho mas… itu brarti blom rejeki kita…
    pasti ada waktunya buat kita

    :p

    hanggadamai: yah, diriku harus memikirkan masa depan

  16. plain love mengatakan:

    Lho ya itu urusan anda… terserah anda mau koprol macam gimana dengan usaha anda, asal hasil akhirnya nggak kompatible dengan keinginan saya ya berarti anda gagal….

    gitu kali mikirnya…. yah kita kan sudah masuk era individu… asalkan hasil akhir individu satu dengan lainnya bisa terintegrasi dengan baik, usaha seperti apa nggak usah dipermasalahkan to…???

    hanggadamai: dirimu benar toh hasil yang ada adalah kegagalan.
    semoga orang macam itu sadar bahwa kegagalan itu datang karena dirinya.

  17. gempur mengatakan:

    yang sabar mas! usaha njenengan gak sia-sia kok… sudah dicatat sama malaikat.. so, jangan bersedih…

    hanggadamai: jazakaulahu khoiro pak..

  18. Landy mengatakan:

    Semangat Hangga, aduhkan semua keluh kesah pada-Nya

    hanggadamai: jazakaulahu khoiro akhi sudah mengingatkan🙂

  19. mybenjeng mengatakan:

    ngomongin siapa sih?
    *penasaran*🙂

    hanggadamai: bukan ngomongin siapa2 kok🙂

  20. ika mengatakan:

    jadi keinget lagunya wonder woman:
    “hatiku ini..bisa remuk dan hancur..”

    haha sabar hangga,,pasti ada jalan kluar.. *sok wise*..hihihihihihi

    hanggadamai: makasih ya mbak🙂

  21. achoey sang khilaf mengatakan:

    Ada apa adekku?
    Masalah apa adekku?

    hanggadamai: ya gitu kang🙂

  22. achoey sang khilaf mengatakan:

    Soal IP yang jeblok ya
    Ah emang itu nasibmu
    Gimana nilaimu mau bagus kalo cahing terus ampe malem
    Kuliah jadi gak konsen deh
    Ayo perbaiki prosesmu

    hanggadamai: alhamdulillah buka masalah ip kok kang…
    dan juga bukan masalah kuliah apalagi ngeblog

  23. achoey sang khilaf mengatakan:

    Ka2 mu ini dulu
    melakukan proses yg baik di akademik
    meski aktifitas sebagai aktivis kamps berjubel
    tapi tetep inget tugas utama
    alhasil IP ka2 selalu OK

    Jadi semangat!

    hanggadamai: iya kang. tapi bukan masalah ip kok🙂

  24. mriza mengatakan:

    Setuju juga…
    Namun kita juga harus faham, karena yang menentukan nilai juga adalah proses..
    Maksudnya, jalan juga menentukan tujuan, kan tidak mungkin kita jalan ke utara jika kita menuju ke Irian Jaya sementara tinggalnya di jakarta…😀
    Nah, memang ada perlu keseimbangan antara proses (mungkin maksudnya usaha) dan hasil (nilai) .. tapi adalah usaha itu patut juga mendapat penghargaan… (heuehue… koq jadi ngelantur…)

    hasilnya sungguh sanagt memuaskan bukan bila sesuai dengan kerja keras kita…
    tujuan kita bisa bernilai karena proses

  25. edy mengatakan:

    ya udah direlain aja
    mungkin ada rencana besar lain buatmu🙂

    hanggadamai: insyaAllah🙂

  26. yanti mengatakan:

    Walah mas… kok lemes amat si….
    He he he… lemes boleh tapi jangan kelamaan ya…
    Cepat bangkit….

    Who knows… ketika kita gagal … sebenarnya Allah sedang menyiapkan keberhasilan ditempat lain…

    Who knowss Ketika… kami berada di titk terrendah balancing keuangan kami,… dan udah gitu putus asa… Allah akhirnya beri kami pemasukkan kami bisa 3 X lipat lebih banyak….

    Who knows… ketika Aini mesti “keluar” dari sekolah yang lama karena udah “pihak sekolah angkat tangan”… insya Allah… mulai juli nanti Aini mendapat sekolahan yang jauh bermutu… Akhirat dan dunia….

    Who knows… ketika putriku… gak keterima di sebuah sekolah… (sampai nangis… sesegukan deh putriku…, saya juga jadi sakiiiiiit di dada) ternyata dapat sekolah unggulan dan kelas unggulan….

    Who knows… Who knows… who knows…

    Read… QS Al Rahmaan… (55) : 13

    hanggadamai: Fabiayyi aalaai robbikuma tukaddziban

  27. peyek mengatakan:

    yah..dan mereka cuman melihat hasil, bukan proses panjang yang mesti dilewati

    hanggadamai: yups mas peyek benar..

  28. W|zNu mengatakan:

    Gak ada usaha yang sia² mas

    hanggadamai: semoga saja begitu🙂

  29. Menik mengatakan:

    Jadi SI kerudung merah itu menilai dirimu hanya angka “2” ?
    (dalam skala 1-100) :mrgreen:

    hanggadamai: bukan itu bun😥

  30. Menik mengatakan:

    *serius.com*

    Emang bener Ngga, kadang kita selalu kecewa dengan hal2 ini…

    Tapi entahlah, mungkin ini sudah menjadi suatu kebudayaan atau kebiasaan..

    Sampai kapan kita bisa merubahnya ???

    Smangadhhhhhh Ngga !!!!!!!!
    Mana Hangga yg katanya paling semangadh ituhhh ??? 😦

    *tenang saja, your sweety, your family sampe gue, will be on your back!!! mendorongmu (ke kali) !!! 🙂

    maaph, cuma sebentar, pulang lagi yaaaa..

    hanggadamai: makasih kakakku🙂, tapi jangan dorong ke kali dong😥

  31. babeh mengatakan:

    ga tega baca postingan hangga…….. padahal aku baruuuu mo komen disinih (*pulang lagih, sedih *)

    hanggadamai: gak sesedih itu kok beh🙂
    jadi babeh ga usah sedih🙂

  32. gajahkurus mengatakan:

    Tidak ada pekerjaan yang sia-sia sekiranya dikerjakan dengan sungguh-sungguh, selalu ada hikmah di balik kegagalan…

    hanggadamai: iya hikmahnya adalah kedewasaanku🙂

  33. ridu mengatakan:

    apakah dari kejadian ini juga mengkambinghitamkan blog??

    hanggadamai: enggak kok ridu🙂

  34. langitjiwa mengatakan:

    tak usah kecewa atau bersedih hati, segala usaha yg dimana sudah tercipta dari dalam dirimu itulah kemenangan yg terbesar bagi jiwamu. yah..! walaupun mereka menghakimimu tanpa ada tahu bagaimana proses itu terjadi.
    lalu kemenangan tanpa sebuah proses baginya adalah suatu kekonyolan.
    tapi bagi dirimu kemenangan melalui proses dan jalan yg sangat panjang adalah kemenangan yg indah bagi dirimu,kang.

    kalau begitu untuk suasana yg lebih seger,gimana kalau kita liat topeng monyet,..? hahahahahahaha ( canda..bosss)

    hanggadamai: makasih ya kang🙂

  35. langitjiwa mengatakan:

    bangkit..!!!…bangkit..!!! jgn sedih gitu dong……..

    hanggadamai: itu harus kang🙂

  36. Okta Sihotang mengatakan:

    emang dagh begitu mai, tradisi negara kita!
    aneghnya itu cuma 3 mata pelajaran kunci utamanya..
    ape degh..
    *ngemut permen coklat*

    hanggadamai: bagi permennya dong:mrgreen:
    btw ini bukan ngomongin uan loh😛

  37. […] atas, silahken..monggo Updated 3 mey 2008 : Links terkait 1. Pendidikan dan Refleksi UN 2008 2. Apalah artinya usahaku selama ini 3. Benarkah dunia pendidikan kita sedang sakit ?? Filed under: Actifity, Relation & […]

  38. ghaniarasyid mengatakan:

    Usaha…
    sesuatu yang diharuskan dilakukan oleh manusia.
    karena dirinya tidak bisa mendapatkan sesuatu langsung dari langit.
    karena untuk mendapatkan dan mencapai sesuatu, sesorang harus berusaha.

    Usaha itu dengan do’a, dan terus istiqomah alias berkesinambungan / berkelanjutan.

    Kalo kita bener2 ikhlas dan hanya berharap bahwa Allah-lah yang menentukan berhasil nggak-nya usaha kita…
    pastilah kita tahu kalo kegagalan itu adalah pemacu u/ sukses di kesempatan lain.

    Karena kita masih punya kesempatan.
    Sebelum ajal menjemput kita…

    (Lho, aku kok ikutan berpuisi???)😆

    hanggadamai: syukron ya mas ghani…🙂

  39. Okta Sihotang mengatakan:

    emang g ngomongin UN mai, cuma kan saat ini butuh usaha dalam penempuhan UN, apalagi pendidikan kita semrawut😉

    hanggadamai: sipp deh ta…🙂

  40. kabarihari mengatakan:

    mikirin proses? kelamaan…
    nabung dulu biar kaya?, susah amat mending ngutang (korupsi saja)…😥

    ah mungkin memang sudah jadi budaya, pengen gampang dan cepat sampai tujuan… (buktinya tambah banyak saja semua yang serba instan…)

    ngerasa usahamu sia-sia? lihatlah para petani menanam padi dengan pupuk yang semakin mahal, tapi begitu panen tak laku di jual..
    *sok bijak & serius*

    hanggadamai: emang bijak kok🙂

  41. fenfen mengatakan:

    biar Tuhan deh yang membalas perbuatannya….. kita memaafkan dan iklas aja, bukannya malah kita yang dapet pahala tuh?

    hanggadamai: insyaAllah🙂

  42. chatoer mengatakan:

    hang, yg penting proses kalo nilai mah ibaratnya bonus

    hanggadamai: bener banget kang🙂

  43. azaxs mengatakan:

    G ada yang sia-sia mas.. Yakin!!🙂

    hanggadamai: sipp deh mas🙂

  44. Doti mengatakan:

    artinya usahamu selama ini?

    banyak. salah satunya jadi bisa melihat mana yang baik mana yang kurang baik, dan tidak semua orang berkehendak menempuh jalan yang baik.

    lagipula..siapa yang bisa mengendalikan ego setiap manusia? kita cuma bisa (melongo) dan menerimanya dengan hati yang luas dan terbuka seperti lapangan sepak bola..

    time heals, cheer up!

    * ternyata waktu lahir kita hanya berbeda satu tahun satu hari loo (senang mengetahui fakta itu, tapi dengan saya yang lebih tua (tidak terlalu senang akan fakta yang ini)..

    hanggadamai: makasih banyak atas masukannya🙂

  45. kakanda mengatakan:

    Makanya yuk kita terus berproses,
    raihlah ridhoNYA,
    jangan minta ridho makhlukNYA

    hanggadamai: atas nasihatnya diriku ucapkan Jazakaulahu khoiro

  46. Latip mengatakan:

    Memang begitulah kenyataannya….tapi jangan takut kalau kita yakin Proses lebih penting Show Must Go On.
    Salam Kenal

    hanggadamai: makasih ..🙂
    Lam kenal juga🙂

  47. Gyl mengatakan:

    Sabar… itu juga bagian dari suatu proses yang lebih besar : Kehidupan. Emang kesempatan apa sich ? Kok sepertinya terpukul sekali…

    hanggadamai: makasih mas gyl🙂

  48. Rayon Soleil mengatakan:

    Salam,

    Saya salah satu manusia yang sangat menghargai proses/usaha, bukan hasil.
    Supaya engga sedih, ingat aja bahwa memang inilah yang terbaik untuk Hangga menurut Allah. Kesempatan kali ini boleh hilang, tapi yakinlah bahwa Allah akan beri kesempatan yang jauh lebih baik dari apa yg hilang kemarin. Insha Allah.

    Cheers!

    hanggadamai: Jazakaulahu khoiro ukhti..

  49. fay mengatakan:

    tapi masih bisa tertawa, kan? manusia memang hebat. sangat hebat. cay, hangGGA!

    hanggadamai: mungkin ini salah satu hikmahnya mbak🙂

  50. yella mengatakan:

    sabar, siapa yang sabar di sayang “gadis kerudung mereh” hehe

    hanggadamai:🙂

  51. yella mengatakan:

    berproseslah terus, sampai proses itu menjadi lengkap, jangan pedulikan hambatan hari ini, teruslah berharap sama Allah, akan ada saat bertemunya persiapan dan kesempatan. Saat itulah yang dinamakan sukses ——-> tumben serius ya

    hanggadamai: makasih ya mbak🙂

  52. trijokobs mengatakan:

    inget “Falsafah Bambu “…
    inget lagi, kita ini sapa..? dlm arti mengharuskan sesuatu sesuai keinginan kita.. yg bisa dilakukan hanya Proses Bung.., yg penting maksimal usahane, Insya Allah tidak akan sia-sia..
    hiyo opo ora..?
    Ayo.. Bangkit..

    *lha kok aku urutan seket… jan.. *

    hanggadamai: injeh mas🙂

  53. trijokobs mengatakan:

    jangan kelamaan lemes e .. yes..??

    hanggadamai: oke deh mas🙂

  54. Andre mengatakan:

    Loh mas…kalo pemikiran saya sih kemenangan itu adalah segalanya…buat apa kita hidup kalau kita tidak pernah menang/ selalu kalah??….tapi tentu saja melalui proses yang baik dan benar pula…yang penting berusaha untuk selalu menang dengan cara berproses secara benar….begitulah seharusnya hidup!!! harus punya motivasi tinggi untuk menang!!

    hanggadamai: yups motivasi memang penting🙂

  55. wanoja mengatakan:

    Semangat!!
    dont give up ya….🙂

    hanggadamai: siiippp deh mbak🙂

  56. Alex mengatakan:

    asl.

    sebenarnya yg dilihat Allah adalah proses (usaha) itu, bukan hasilnya. lihatlah contoh dakwah para rasul, spt Nuh as. dia berdakwah (berproses=berusaha) selama 1000 taon, cuman 40 orang yg mau mengikuti beliau. namun derajat dan kemulian beliau tdk berkurang, malahan ia menjadi nabi pilihan malahan.

    jadi lihatlah proses dan usahanya, bukan hasil..karena Allah sudah mencatat proses itu.

    hanggadamai: wsl
    jazakaulahu khoiro sudah mengingatkan🙂

  57. ghozan mengatakan:

    semangat semangat semangat… jangan biarkan itu menjadi penghambat kesuksesanmu… SEMANGAT!!!!

  58. quelopi mengatakan:

    sudah saatnya berubah.

    berubah….

    hanggadamai: ksatria baja hitam manis:mrgreen:

  59. winsolu mengatakan:

    dengan usaha, semua bisa berubah!😀 keep smile

    hanggadamai:🙂

  60. Jiban mengatakan:

    arti usahamu adalah perjuangan…
    dan insya Allah itu ada hikmah, nilai, dan manfaat

    hanggadamai: makasih mas jiban🙂

  61. zoel chaniago mengatakan:

    bener banget tu… kenapa hanya berorientasi ke nilai tidak ke proses… kapan majunya kalau kaya gini… kalau nilai itu didapat dengan proses yang tidak baik gimana??? apa jadinya bangsa ini…

    hanggadamai:🙂

  62. Indah mengatakan:

    yang penting bukanlah bagaimana kamu bisa melakukannya, melainkan mengapa kamu harus melakukannya…
    Karena ketika mengapa itu begitu besar, maka bagaimana itu menjadi kecil..

    hanggadamai: sipp deh mbak🙂

  63. yanti mengatakan:

    Selamat-selamat… tulisan ini ada diperingkat ke 7 dari tulisan teratas seputar wordpress.com (3 april 2008)
    Ha ha… ada juga “keberhasilan” dibalik tulisan yang mencerminkan putus asa dan memelas ini…… ha ha ha..
    So… Get up. Get Up….

    hanggadamai: syukron ya ummi yanti..

  64. Mus_ mengatakan:

    akhir-akhir ini saya sering berdiskusi dengan seorang bapak yang usianya jauh lebih tua dari saya. hampir 60 tahun.

    bapak itu sering sekali menjelaskan kepada saya tentang urutan analisis dan proses.
    katanya, sekarang ini segala sesuatu dimulai dari input, kemudian proses, lalu output.

    katanya lagi, sebenarnya itu saja belum cukup. masih ada hasil keluaran setelah output, yaitu outcome. :)) asli, saya bingung. :))

    hanggadamai: kok diriku ikutan bingung ya:mrgreen:

  65. Yari NK mengatakan:

    Waaah…. kenapa neh?? Pasti ini masalah nilai ujian yang jeblog deh! Kalau dilihat dari gelagatnya! Betul nggak?😀

    Ya udah….. usaha yang lebih aja….. orang memang kebanyakan nggak lihat proses tapi hasil, kalau semua orang lihat proses, ya bakalan berabé dong. Contoh aja misalnya pertandingan sepakbola, Brasil menggilas Indonesia dengan 10-0 misalnya, terus Indonesia protes ke FIFA, bilangnya “Fa, Kan kesebelasan kita udah berusaha keras, walaupun kalah 10-0 dari Brasil!! Moso kita dianggap kalah sih!! Moso kita tersingkir dari turnamen sih!! Nggak adil dong! Kan yang penting prosesnya bukan hasil 10-0 nya!!”.

    Nah lho, kan lucu………!:mrgreen:

    hanggadamai: om yari emang lucu:mrgreen:

  66. marsini mengatakan:

    Mungkin Tuhan merencanakan hal yg lebih indah daripada yang mas hangga sesalkan ini.
    So, sedihnya diobati dulu..:)

    hanggadamai: makasih ya mbak🙂

  67. presty larasati mengatakan:

    lirik nomer comment
    BONTOT bgt!!!!!
    selalu..😦

    males comment…
    hikz

    hanggadamai: coba lain kali ya mbak:mrgreen:

  68. realylife mengatakan:

    Insya Allah , saya akan doakan semoga berhasil terus dalam usahanya
    maaf kemaren lupa , habis buru2 , sudah saya tautkan
    makasih sudah mengingatkan

    hanggadamai: gpp tapi gak ditaut juga gpp👿

  69. presty larasati mengatakan:

    *baca postingan*
    hhh…..
    *ikut sedih*

    BLETAKK
    *mukulin pepi yang bandelnya minta ampyun*

    tau g, sihh klo hangga lagi sedih???👿

    hanggadamai: hahaha sakit ya mas pepi?:mrgreen:

  70. presty larasati mengatakan:

    *serius.com*
    *pasang tampang bijak*😛

    ngga, Allah g pernah buta terhadap hambaNya yang mau berusaha. jedai, knapa sedih? kalaupun kesempatan yang pernah datang terlewatkan, anggap itu bukan rejeki. klo emang kita ikhlas dengan apa2 yang hilang dari tangan kita, insya Allah, Allah akan menggantikannya dengan yang lebih baik..

    kata orang bijak,
    kamu menjadi seperti apa yang kamu yakini…
    jadi? yakinlah, Allah pasti akan selalu memberikan yang terbaik!!😀

    hanggadamai: makasih ya kakakku🙂

  71. presty larasati mengatakan:

    ngga,,,
    meski lelah…
    harus tetap melangkah..
    walau hanya selangkah…
    😀
    GANBATTENE!!!!!!

    hanggadamai: *melangkah selangkah*:mrgreen:

  72. f mengatakan:

    percaya dah Mas
    di dunia ini ngga’ ada yang sia-sia. oke…..

    hanggadamai: sipp deh mas, diriku percaya kok🙂

  73. fuad syamee mengatakan:

    sekali lagi tetap percaya sama yang diatas yaah

    hanggadamai: itu pasti mas🙂

  74. maxbreaker mengatakan:

    yang penting tetep semangat Mas,
    kalau saya sih lebih mementingkan proses daripada hasil.
    tapi yang perlu diingat adalah, kalau proses selama hidup itu hasil di akhiratnya Insya Allah ga bakal salah (kalau selama hidup baik ya Insya Allah ganjarannya di akhirat baik, dan sebaliknya)

    hanggadamai: insyaAllah🙂

  75. daeng limpo mengatakan:

    Manusia “relatif ” tidak pernah mau melihat proses, lebih melihat kepada hasil akhir. Karena menurut “mereka” hasil akhir berarti telah melewati proses dengan baik (bukan benar atau salah lho!). Remember:
    Jika anda telah selesai melakukan sesuatu pekerjaan dengan sungguh-sungguh, maka selanjutnya kerjakan yang lain. Jangan terpaku menyesali hasil, jika prosesnya sudah anda lalui dengan benar dan sungguh-sungguh. Waktu berjalan terus dan tidak pernah mau berhenti.
    —salam (sori nih, sok menggurui)—

    hanggadamai: daeng memang bagai guru buatku kok🙂

  76. ILYAS AFSOH mengatakan:

    maaf ya mas, saya ikut-ikut komentar, inipun ucapan Beliau (guru saya) seperti ini :

    ” Apakah Anda harus dipuji dulu untuk bekerja keras?”
    “Apakah Anda menstandarkan sikap Anda pada komentar orang lain?”

    Mas hanggadamai yang baik, maaf mas. ini bukan dari aku, aku ambil saja dari guru saya.

    Terima kasih

    hanggadamai: jawaban keduanya adalah TIDAK🙂

  77. mittamitt mengatakan:

    aku ngga tau mas hangga kenapa yang jelas semangat ya mas jangan putus asa
    kaya yang mas sering bilang ke aku🙂

    hanggadamai: sip deh adikku🙂

  78. iephe mengatakan:

    gak sempet bca, gak tau juga mo coment apa……….:lol:

    hanggadamai: lain kali baca yang bener ya:mrgreen:

  79. citra mengatakan:

    78??
    Hikz…😦

    Hmm…cuma mo komen 1 kalimat:
    “Segala sesuatu indah pada waktunya.”

    Ayo smangat!!😀

    hanggadamai: sipp deh mbak🙂

  80. citra mengatakan:

    78 pun keduluan orang…
    huaahuaa
    *nangis…ngesot2*

    hanggadamai: hati2 jadi suster ngesot:mrgreen:

  81. dEEt mengatakan:

    hhmm..
    utk hasil dr sesuatu yg dikerjakan>> yg penting sbnr-a kan kepuasan batin..
    soal org laen, yah anggap aja mereka sok tau.. xp
    toh kan Qta sndri yg jalani proses itu..
    *ini komen-a bener gak yah??*🙄

    yah, pokok-a semangat deh mas..😀

    hanggadamai: bener kok mbak😛

  82. hmcahyo mengatakan:

    Apalah arti sebuah nilai tanpa mengetahui betapa berharganya proses? Lho… bagi anak-anak SMP/SMK yang lagi UAN nggak perlu proses.. yang penting itu justru hasil NUNnya melebihi passing grade dan lulus🙂

    nyabung nggak seh?🙂

    http://hmc.web.id (blajar english by nasyid)

    hanggadamai: *nyari tali biar nyambung*😛

  83. nh18 mengatakan:

    Kalem …
    Kalem …
    Saatnya kerudung merah lagi nih …

    (saran dari Om Trainer)

    hanggadamai: om NH bisa aja:mrgreen:

  84. leah mengatakan:

    hmmm… ada apakah gerangan dirimu?
    Semoga baik – baik saja😉

    hanggadamai: tenang aja mbak🙂

  85. trijokobs mengatakan:

    ayoo semangat-semangat..!!!
    Suemmangaaaaaatttttt !!!:mrgreen:

    hanggadamai: sipp deh mas🙂

  86. carra mengatakan:

    hangga lagi sedih…😦 kasian… semangat aja ngga…🙂 nanti kalo udah bener2 terjun ke dunia kerja, pasti yg mengerti proses itu yg lebih bisa survive… percaya deh😉 … kesempatan akan datang lagi kok… jangan khawatir…

    hanggadamai: makasih y mbak🙂

  87. uwiuw mengatakan:

    yeee kok jadi mellow gitu ? biasanya mah ceria hehehe

    hanggadamai: sekarang ceria kok🙂

  88. oRiDo mengatakan:

    aku sih termasuk yang menghargai proses..

    yang sabar yah mas..
    tetep semanget..

    hanggadamai: harus semangat🙂

  89. toim mengatakan:

    proses itu butuh waktu lama, bung hangga, dan gak semua org mau ngenikmatin proses itu dan biasanya manusia sukanya main cepet en potong kompas ajah🙂

    hanggadamai: wah koran kok dipotong2 ??:mrgreen:

  90. tc mengatakan:

    hmmm… setuju aja deh..
    emang bener, orang kalo udah bisa ngerasain gimana beratnya PROSES, maka akan lebih menghargai HASIL yang diterima…🙂

    *saatnya bijaksana, (halah, apaan seh)

    hanggadamai: emang bijak kok🙂

  91. chic mengatakan:

    beeeeeuhhhh… komen nomor buncit nih kayaknya…😆
    diputusin si jilbab merah Ngga? tumben bukan posting narsis…:mrgreen:

    hanggadamai:👿

  92. mutiatun mengatakan:

    yuk kita yakini bahwa Allah akan menjawabnya…..

    hanggadamai: Allah pasti menjawabnya🙂

  93. mutiatun mengatakan:

    kang hangga, biarkan orang laen tak percayai kita, tapi kita harus yakin ilmu yang kita dapatkan atas semua ini pasti akan ada manfaatnya. itu pasti….. so jangan sedih ya…….

    hanggadamai: syukron teh muti🙂

  94. mutiatun mengatakan:

    oh iya………….. dah baca postinganku kan…..??
    kalo kang hangga sakit, ayo kita rawat di RS_M. pasti sembuh…… teh muti tinggal cek neeh….. dah sembuh soalnya……..

    hanggadamai: perawatannya hebat ya teh🙂

  95. achoey sang khilaf mengatakan:

    jika bukan masalah IP
    lalu apa dik

    bukankah untuk urusan perempuan kau jagonya😆

    hanggadamai:👿

  96. mutiatun mengatakan:

    he..he… kak ahoey lutu….
    nyambung ke masalah itu…..
    hayo… su’uzdon ma kang hangga ya…???

    hanggadamai: omelin kang achoey teh😈

  97. realylife mengatakan:

    menunggu postingan selanjutnya
    terima kasih

    hanggadamai: oo udah daftar HFC ya??:mrgreen:

  98. langitjiwa mengatakan:

    puntennn…..!

    hanggadamai: mangga kang🙂

  99. suhadinet mengatakan:

    Kok nangis..?
    Masih ada kesempatan kedua-ketiga-keempat dst..
    Masih banyak yang perduli dengan proses, tapi tentu tak mengesampingkan hasil..
    Keep fighting Man!

    hanggadamai: yups betul bangetssss

  100. […] dunia itu fana — hanggadamai @ 10:53 pm Tags: bloggers, terima kasih Seperti yang telah kuceritakan beberapa hari yang lalu, diriku sedang bersedih. Tapi sekarang tidak lagi. Diriku sudah mencari ketenangan hati. Diriku […]

  101. Tigis mengatakan:

    Mirip pertandingan bola. Ga peduli maennya bagus kyk apa, ga peduli menciptakan peluang sebanyak apa, kalo kalah pasti dicela-cela🙂

    tenang pren, terkadang dunia memang menuntut kita utk pragmatis skali2x🙂

    hanggadamai: iya mas..

  102. Resi Bismo mengatakan:

    orang akan mendapatkan sesuatu dari hasil yang telah ia lakukan, idealnya sih begitu. Namun ada rahasia dibalik perkara2 tersebut yang kita tidak mampur berbuat banyak untuknya, itulah rahasia sang pencipta, kewajiban kita hanya berdoa dan berusaha serta bertawakkal.

    hanggadamai: 100 buat mas ario🙂

  103. nenyok mengatakan:

    Salam
    Dik, yakinlah di mata Alloh usahamu tidak dinilai sia-sia🙂

    hanggadamai: iya mas🙂

  104. maskun mengatakan:

    semalam saya baru saja menasehati anak didik selepas UN mata pelajaran bahasa Inggris. Ketika ketemu saya langsung melihat muka kusut terpampang diwajahnya. Masalahnya mirip mas Hangga, yaitu dia kesal karena kawan sekelasnya rata rata menggunakan contekan alias bocoran UN Bahasa Inggris. Saya berusaha menghiburnya, saya katakan kalau nilai yang saat ini didapat mungkin berguna tapi hanya untuk jangka pendek saja. Sedangkan kesungguhan belajar bertahun-tahun disertai kejujuran akan berguna sepanjang masa. Jiwa orang yang melalui proses berbeda dengan jiwa yang instant.

    hanggadamai: makasih banyak ya mas🙂

  105. awaludin mengatakan:

    Lah, di Indonesia semua dinilai dari hasil akhir. Memangnya ada yang mau menilai belajar semalam, belajar sejam, dengan tidak belajar? Atau adakah yang menilai kerja keras, kerja cerdas, dan kerja ganas? Yang penting hasil hehehe.

    hanggadamai: hahahaha🙂

  106. anginbiru mengatakan:

    benul..!!

    justru kadang yang namanya proses itu memorable lho.. aku dulu pernah dapet “pelajaran”,, sesuatu dengan proses yang bener tu bakalan ngasih kepuasan yang beda dengan sesuatu dengan proses instan.. bahkan semisal kita pahitnya,, dapet sesuatu yang nggak kita harapkan,, kita bakal bisa nerima dengan ikhlas.. huehe.. *sok bijak banget sih?!?!*

    hanggadamai: mas indra memang bijak kok🙂

  107. Julius Solimeno mengatakan:

    Your Internet site is most fortunately cherished. Thank you very much for keeping a ocean of Great website.

  108. aza mengatakan:

    Klau yg g sia2..yuk coba bisnis ini goo.gl/TvonT2

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: