Hanggadamai’s Weblog

Ikon

Just Walking In The Park!

Taubat Itu Hukumnya Wajib

ALLAH Kali ini diriku akan kembali menceritakan ceramah saat diriku shalat Jumat siang ini di masjid AlHurriyah IPB Darmaga. Walau rasa kantuk menyerang diriku karena aku semalam baru tidur pukul setengah empat. tapi aku tetap berusaha untuk menyimak dan mengambil hikmahnya. Karena diriku ini menyadari bahwa diriku hanyalah seorang manusia yang lemah dan rentan. Diriku hanya mencoba mengingatkan sesama manusia. Semua ini diriku lakukan hanya untuk mndapat rahmat dari Robbil Alamin. Topik pada kali ini adalah tentang Taubat.

Taubat kepada Allah hukumnya wajib. Karena kita hidup di dunia ini seringkali melakukan kesalahan baik yang sengaja dilakukan maupun tidak dilakukan. Bahkan nabi besar kita, Muhammad SAW seringkali berdoa dan meminta ampun kepada Allah Sang Pencipta Jagad Raya. Beliau selalu dzikir dan mengingat Sang Khalik. Dosa yang dilakukan mata kita, telinga kita, mulut kita, tangan kita baik sungguh jika kita coba menghitungnya sangatlah banyak. Dengan banyaknya dosa kita, maka kita diwajibkan memohon ampun kepadaNya jika kita mau mengharapkan surgaNya.

Jika kita ingin mendapat ampunan dari Yang Maha Kuasa ada tiga syarat agar dosa kita diampuni, yaitu:Pertama, kita harus menyadari kesalahan yang kita perbuat. Kedua, kita harus benar-benar berjanji tidak akan mengulang kesalahan tersebut. Dan ketiga, sadar bahwa kita hanya seorang hamba yang khilap. Tapi jika kesalahan tersebut dilakukan terhadap sesama manusia, jika kita bersalah atas suatu barang maka kita harus menggantinya.

Allah menyukai orang yang memohon kepadaNya. Allah mencintai hamba yang bertaqwa kepadaNya. Karena orang-orang itulah yang akan masuk ke dalam surga kekal abadi selama-lamanya.

Mungkin hanya itu yang bisa diriku ceritakan kepada saudara-saudaraku. Yang jelas, diriku sadar bahwa diriku hanya seorang hamba yang hina. Hamba yang banyak sekali melakukan kesalahan. Mata ini, telinga ini, lidah ini atau bahkan hati ini seringkali melakukan kesalahan. Semua kulakukan insyaAllah tanpa sengaja, namun jika ada yang disengaja diriku hanya bisa berharap dosa-dosa yang menggunung ini bisa dihapuskan.

Diriku banyak melakukan kesalahan terhadap ALLAH SWT, orang tua, saudara, sahabat, teman, negara dan juga kepada lingkungan sekitar. Melalui tulisan ini pula, diriku meminta maaf jika ada dari saudara-saudaraku semua yang merasa tersakiti, diriku meminta maaf yang sebesar-besarnya. Karena diriku yakin bahwa meminta maaf bukan hanya pada saat momentum tertentu saja misal seperti Idul Fitri tetapi setiap kala kita harus bertobat dan meminta ampun atas kesalahan-kesalahan yang senantiasa terjadi.

Nb: gambar diambil dari sini

Filed under: aku menangis, dunia itu fana, , ,

36 Responses

  1. ridu mengatakan:

    wew.. nice khutbah.. yang jelas taubatnya itu bukan taubat sambel yah..

    hanggadamai: insyaAllah bukan taubat sambel yg pedesnya diawal doang mas🙂

  2. khutbah nyang menggugah iman buat jumat inih….hatur nuhun kang…. 😛

    hanggadamai: syukron ya kang.

  3. dadan mengatakan:

    ngga, salut nih.
    kalau saya pas khutbah jum’atan pasti manthuk-manthuk karena khusuk dalam nyenyaknya…

    anyway,
    setuju dengan dirimu
    taubat itu wajb.
    dan mengapa taubat itu wajib ?
    menurut saya karena taubat itu universal.
    dalam keseharian pun, evaluasi-revisi-konsistensi adalah hal yang diperlukan

  4. tehaha mengatakan:

    khutbah online…
    bagus mas..

  5. isnuansa mengatakan:

    saya sering kapok lombok…
    meski kepedesan, tetep aja makan terus…

  6. sarahtidaksendiri mengatakan:

    Sangat pengen amat banget tobat….tp koq susah bwget y… Astagrifullah

  7. chatoer mengatakan:

    wah khotbah jumatnya bagus bgt…

    saya pernah loh jumatan di darmaga

  8. Menik mengatakan:

    *jadi inget kalo banyak dosa*😦

  9. khofia mengatakan:

    jadi malu. kalo jum’atan tadi siang, saya akui saya dah gak konsen. saya sudah usahakan datang awal biar dapat posisi yang nyaman buat ibadah, eh, lha koq malah ada yang nyosor.. udah datang telat, gak niat, gusur2 orang. walhasil, saya merasa ibadah saya terganggu. saya heran kenapa orang itu nggak mau datang awal biar nantinya tidak ngeganggu orang gara2 dia sendiri gak kebagian tempat en malah ngeganggu orang…

    moga2 saya dan orang tersebut segera bertaubat… dan sadar bahwa sembahyang itu adalah tiangnya agama dan keimanan kami berdua…

  10. wennyaulia mengatakan:

    tobat dan berubah…

  11. quelopi mengatakan:

    ada yang berbeda kali ini

    tobat lah ! tobat lah!

  12. regsa mengatakan:

    kliyeng-kliyeng, jantung berdebar…🙂

  13. realylife mengatakan:

    ya iyalah , yuk kita merenung apakah kita sudah termasuk di dalamnya belum ?

  14. ghofur mengatakan:

    *jadi malu karena banyak dosa*

    tobat dulu pak!

  15. Sawali Tuhusetya mengatakan:

    makaih banget pencerahannya mashangga. semoga kita, khususnya saya, bisa menjadi hamba-Nya yang suka bertobat!

  16. achoey sang khilaf mengatakan:

    pagi toba
    siang dah bikin dosa lagi
    aduh gimana ya?
    rapuh banget nih

  17. zein mengatakan:

    subhanallah, hebat euy,, jarang lho yg mw dengerin ceramah sampe pagi…ngomong2 soal tobat, semoga teman2 yang masih belum tobat segera bertobat..hehe, mungkin termasuk aku kali ya, ,

  18. mutiatun mengatakan:

    isi ceramahnya bagus…
    tapi yang ga bagus yang posting soalnya lembur….. ampe pagi
    jadinya malah pagi2 dah buat kesalahan ma diri ndiri buat kerja paksa
    hayo…… cepet minta ampyuu…..n !!
    *bawa golok … !!!! *

  19. nh18 mengatakan:

    Hangga …
    Ini tulisan bagus
    THX ya

  20. nexlaip mengatakan:

    saya suka shalat isya di masjid yang pinggir jalan itu ya mas?

  21. Landy mengatakan:

    Yang gw pikirin waktu denger itu kutbah ya ada di otak elo pasti merekam untuk postingan ya🙂

  22. olangbiaca mengatakan:

    Aslkm. benar sekali mas,

    Allah akan sangat BERGEMBIRA dgn taubatnya seseorang, lebih GEMBIRA dari seorang yg kehilangan barang berharga kemudian barang berharga tsb kembai lagi.

    Allahu AKbar, benar2 ALLAH sangat SAYANG kepda hamba2nya, sy merasakan begitu dekat Allah itu, betapa doa2 sy sering di ijabah / dikabulkan oleh-NYA, Subhanallah…memang kepda-NYA lah kita MENGADU.

  23. benazio mengatakan:

    gw solat dulu deh ^^

  24. masmoemet mengatakan:

    salut, bs dgr khutbah jum’at smp segitu dalam. aku biasane ngantuk. jadi ga bs igt detil khutbah

    *malu*

  25. Tigis mengatakan:

    keliatannya mudah utk sekedar bertobat dlm jangka wkt tertentu. Tp stelah jangka wkt itu lewat sangat sulit utk tidak melakukannya lagi. Godaan setan sedemikian gencarnya. Apa daya dakuw hanya seorg hamba Allah yg lemah😦

  26. mercuryfalling mengatakan:

    tobat rame2x yuuukk

  27. rinie mengatakan:

    saya mao bertobat kok mas…………………………………..

  28. daeng limpo mengatakan:

    Maaf mas Hangga saya punya dua kemisalan tentang orang bertobat :
    1. jika anda tergelincir cobalah berdiri tegak, jika tergelincir lagi coba lagi, jika tergelincir lagi coba lagi berdiri ………itu namanya usaha😀

    2.jika anda makan jengkol, trus berjanji gak makan, trus besoknya makan lagi, trus janji gak makan lagi, trus besoknya makan lagi demikian seterusnya…itu namanya ketagihan😀

  29. RhyzQ mengatakan:

    taubat adalah janji untuk tidak mengulangi kesalahan dan dosa di hadapan Allah. Sudahkah kita bertaubat sebagaimana taubat yg sebenarnya?? Atau hanya sekedar pengulangan dari taubat yang kemarin. Subhanallah, sungguh taubat bukan hanya sekedar ritual setelah sholat, tapi dibutuhkan keistiqomahan dan komitmen di hadapan Allah.

  30. Jaisy01 mengatakan:

    Benar, bertaubatlah sebelum pintu taubat itu ditutup oleh kematian kita! Sungguh bertaubat jangan sampai seperti minum obat, setelah hilang efeknya jadi “kumat” (kambuh) penyakitnya lagi.

    Yah, mari kita bersama2 bertaubat. Semoga taubat kita diterima oleh Allah. Amien

  31. trijokobs mengatakan:

    Dan orang-orang yang bertaubat dan mengerjakan amal saleh, maka sesungguhnya dia bertaubat kepada Allah dengan taubat yang sebenar-benarnya.

    QS. Al Furqaan (25.71)

    hanggadamai: seperti itulah Allah berfirman

  32. kucingkeren mengatakan:

    Taubat..trus bikin dosa lagi.. trusss taubat lagi… boleh gakk??🙂

    hanggadamai: ya gak boleh dong🙂

  33. akafuji mengatakan:

    tobat is a must!!! we need salvation..

    hanggadamai: taubat itu sudah jadi kebutuhan bukan lagi keharusan

  34. djunaedird mengatakan:

    Sebelum jatah kita habis, memang mestinya tobat ini mesti sering kita lakukan. Apalagi kalau habis bikin tulisan yang membuat sakiy hati orang.😛

  35. nitips mengatakan:

    menurut saya ada benarnya, tapi terkadang tobat itu cuma tobat sambel, padahal kalau tobat di undur2 sama aja numpuk dosa

  36. blogis mengatakan:

    kebanyakan orang salah dalam meilai tobat, pasti jawabanyya ntar Allah belum kasih hidayah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: