Hanggadamai’s Weblog

Ikon

Just Walking In The Park!

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Indonesia merupakan negara besar yang luas wilayahnya masuk ke dalam sepuluh besar. Dengan luas perairannya hampir dua per tiga dari total luas wilayah Indonesia. Hal ini mengakibatkan adanya perbedaan dalam suku, agama, ras dan sebagainya. Berbicara mengenai ras, tentunya setiap etnis tertentu memiliki bahasa yang menjadi khas tersendiri.

Seseorang yang berasal dari tanah jawa ketika berada di daerahnya tentunya akan menggunakan bahasa daerahnya sendiri ketika berbicara dengan orang lain yang juga berasal dari daerah yang sama. Bahasa Indonesia biasanya baru digunakan dalam suatu kegiatan formal, non-formal dan sebagainya.

Yang ingin saya sampaikan adalah penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam blogging. Alangkah baiknya, jika sebuah postingan blog menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Menurut hemat saya, suatu postingan yang menggunakan bahasa Indonesia sesuai EYD, sungguh sangat enak untuk dilihat dan tentunya untuk dibaca.

Baru sebulan ini dikeluarkan sebuah situs tentang Kamus Besar Bahasa Indonesia. Dengan adanya kamus online ini tentunya akan mempermudah bagi para blogger untuk membuat tulisan yang bagus. Walaupun saya yakin, kualitas dari tulisan para blogger sudah cukup bermutu. Apalagi ditambah dengan kenyataan bahwa blog yang dimiliki para blogger adalah rumah sendiri, rumah yang terserah akan diisi sesuai keinginan pemiliknya.

Tujuan dari tulisan kali ini adalah sebuah ajakan untuk tetap melestarikan budaya berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Demi kemajuan bangsa! Karena bangsa yang maju adalah bangsa yang mencintai bahasa nasionalnya.

Tulisan inipun juga ajakan kepada diri saya berpribadi dan teman-teman blogger di Indonesia.

Aku Cinta Bahasa Indonesia!!!

Filed under: About Blog, Berita, Blogerism, Hehehe, Nasionalisme, , , ,

24 Responses

  1. Mardies mengatakan:

    Saya chintha Bahasa Indoneshya. Thaphi thidak bisa phakai logat Indoneshya. Gimana doonk! Sudah 10 tahun di USA saya😀

  2. franya mengatakan:

    kamus bahasa indonesia… waduh nggak ada gunanya.. wong bahasa kita udah pada ngawur gitu.. apa perlu pakai kamus lagi…

  3. hanggadamai mengatakan:

    @Mardies: yang penting cinta kan?😀
    @Franya : Perlu dong, klo gak perlu ngapain org luar malah belajar sastra Indonesia

  4. Payjo mengatakan:

    Daring artinya apa yah?:mrgreen:

  5. Anggie mengatakan:

    Mari semua kita gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar🙂

    artinya: Ayo loe-loe pade pake bahasa yang bener!😛

  6. pink mengatakan:

    mari lestarikan bahasa indonesia!! hehe

  7. cempluk mengatakan:

    yup yup..mari berbahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai EYD..

  8. Faradina mengatakan:

    Dibandingkan dengan banyak negara lain, Indonesia termasuk negara yg memiliki bahasa nasional yang memang asli milik sendiri. Itu indentitas bangsa yg patut dibanggakan.

  9. Laks mengatakan:

    duh mbak saya belum pake EYD sering posting asal2an campur-campur dengan bahasa daerah
    *Pangekuan Jujur*

  10. mybenjeng mengatakan:

    aku cinta bahasa indonesia, juga…🙂

  11. achoey mengatakan:

    jika saya ikuti kamus itu
    nanti ga indah dong postingan2 ku

    karena harus slalu ikuti kata baku

  12. nurussadad mengatakan:

    ganti templet?
    Bahasa persatuan, bahasa Java…

    habis ikutan seminar Java Technopreneurship

  13. aRya mengatakan:

    jadi terinagn cina laura
    udah beceeeek gak ada ojeeeek
    cinta mode on

  14. bloggerbercerita mengatakan:

    Haduh Mas… Tulisan saya di blog kacau tuh bahasanya,, Apa masih bisa dibilang blog saya bagus? *ngarep supaya blognya dibilang bagus*

  15. baladika mengatakan:

    saya gak bisa bahasa indonesia, gimana dong, sudah 20 tahun tinggal di hutan srenggeti:mrgreen:

  16. dobelden mengatakan:

    bahasa indonesia ku gak lebih bagus dari bahasa inggris😦

  17. missglasses mengatakan:

    kamus besar bahasa indonesia?cocok buat kado ultah cincha lowra ^^

  18. FraterTelo mengatakan:

    suatu usulan yang bagus, dan saya juga setuju. walaupun kadang saya merasa enak juga ketika menggunakan bahasa Jawa untuk sisipan-sisipan di tulisan saya. apalagi kalau memberikan komentar, saya kadang suka “kebablasen” memakai bahasa Jawa. (“kebablasen” artinya terlanjur karena keasyikan). Thanks

  19. babyglam mengatakan:

    senang deh denger ada kamus online, abisnya rata2 orang2 pada horor kalo ngeliat kamus cetak yang tebelnya ajubileeeeh

  20. regsa mengatakan:

    yang artinya saya harus segera kursus bahasa Indonesia inih .
    Kalo berbahasa yang ngEYD tapi berlogat lokal bagaimana ?

  21. hanggadamai mengatakan:

    @ Payjo: wah saya juga ndak tau mas😦
    @ Anggie: bagusss…🙂
    @ ping: yuk, mari!
    @ cempluk: setuju mas!
    @ Faradina: makanya saya bangga berbangsa Indonesia🙂
    @ Laks: Jangan panggil saya mbak donk!:mrgreen:
    @ mybenjeng: juga apa mas?
    @ Achoey: klo kang Achoey sih saya yakin pasti bagus..🙂
    @ nurussadad: wuakakaka:mrgreen:
    @ aRya: waduh saya ndak ngerti maksud mas aRya
    @ bloggerbercerita: saya juga kacau:mrgreen:
    @ baladika: dimana tuh hutan?
    @ dobelden: hebat dong berarti
    @ missglasses: ide bagus tuh..
    @ FraterTelo: bagussss,,,
    @ babyglam: saya juga seneng😀
    @ regsa: ndak papa tuh mas🙂

  22. progoharbowo mengatakan:

    bahasa itu terus berkembang … yang mau buka kamus monggo, yang mau bikin bahasa sendiri … ya silahkan…..
    tapi kalau bahasa indonesia … ya harus bisa lah ya ….
    nasionalisme gitu… tapi sampai kapan ya….? katanya di masa depan bangsa udah nggak jelas… dunia jadi satu…. komunitas satu planet gitu….

  23. kaudanaku mengatakan:

    aduh…blog saya memakai bahasa campuran, bagaimana? (sudah EYD belum??). haduw…..lumayan ribet mas kalo hrs pake EYD, tapi aku teuteup cinta kok pake bahasa indonesia. buktinya di rumah aku pake bahasa indo ama suami ( ya iyalah, secara suami ga bisa bhs jawa,red).

  24. ria mengatakan:

    modernisasi apa ?

Tinggalkan Balasan

