Hanggadamai’s Weblog

Ikon

Just Walking In The Park!

Usaha Budidaya Tambak Lele

ikan lele

ikan lele

Ikan air tawar merupakan salah satu alternatif hasil perikanan untuk memenuhi kebutuhan protein hewani. Potensi produksi budidaya air tawar di perairan umum, kolam air tawar, saluran irigasi, dan mina-padi (nila, mas, gurame, lele, patin, bawal air tawar, dan lain-lain) seluas 13,7 juta ha diperkirakan sebesar 5,7 juta ton/tahun, dan baru diproduksi sebesar 0,3 juta ton (5,5 %) pada tahun 2003 (http://www.dkp.com). Salah satu ikan air tawar yang saat ini diminati  adalah ikan lele (Clarias batrachus).

Lele adalah ikan yang hidup didasar kolam, kebiasaan makannya adalah bervariasi, mereka makan serangga, cacing, sejenis udang kecil, decomposing organic matter, juga tumbuh-tumbuhan dan masih bisa hidup jika lingkungan hidupnya sedikit tidak bersahabat suatu misal lingkungan yang kurang oksigen, dimana ikan lain sudah susah hidup tetapi lele masih. Ikan lele tumbuh dengan cepat dan resistant terhadap lingkungan. Pada masa mudanya para lele ini adalah pemakan plankton dan hewan air yang berukuran kecil, sedangkan pada masa muda dan dewasa beralih menjadi pemakan detritus. Pada usia satu tahun berat badannya kira-kira lebih dari 100 gram dan bisa hidup lama sehingga panjang badan bisa mencapai sekitar 2 meter. Sebenarnya ikan lele adalah ikan air tawar, tetapi ada pula saudaranya yang hidup di air laut. Ikan lele ini tersebar didunia mulai dari Eropa sampai Amerika dan banyak sekali jenisnya. Beberapa tahun yang lalu di Indonesia diperkenalkan satu jenis lagi ialah lele dumbo, menilik dari namanya lele ini berukuran super dan pertumbuhannya cepat sekali sehingga ukuran konsumsi bisa didapatkan dalam waktu yang relatif singkat.

Ikan lele (Clarias batrachus) adalah ikan air tawar yang bernilai ekonomis penting dan sudah tersebar luas di Indonesia. Kebutuhan lele konsumsi di dalam negeri terus mengalami peningkatan sejalan dengan semakin populernya lele sebagai hidangan yang sangat lezat. Kebutuhan lele konsumsi Provinsi Banten dan Ibu kota Jakarta mencapai 7 – 9 ton/hari, sedangkan untuk Kabupaten Serang mencapai 1,5 ton/hari. Produksi ikan lele di Indonesia dari tahun 1993 hingga tahun 2002 terus mengalami peningkatan baik pada budidaya kolam, sawah ataupun keramba.

Ukuran konsumsi ikan lele yang disukai konsumen adalah sekitar 25 cm panjang dan beratnya 200 gram, bisa didapatkan dalam jangka waktu 4 sampai 6 bulan pemeliharaan dikolam. Permintaan ikan lele untuk konsumsi tak pernah surut. Sebagai gambaran, kebutuhan rata-rata per unit warung tenda di Jabodetabek berkisar antara 7 sampai 8 kg per hari. Ini berarti dalam sehari pasokan lele untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya saja dapat mencapai 100 ton/ hari. Sedang untuk daerah bogor minimal setiap harinya dibutuhkan sebanyak 1 ton / hari.

Info Penjualan:


Kami menerima pesanan lele baik bibit, indukan ataupun ukuran konsumsi untuk daerah Jabodetabek dengan harga terjangkau.

Ikan Lele yang kami jual adalah jenis Lele dumbo.

Kami menerima pesanan dengan jumlah besar dan juga menerima sistem pesanan secara continue (kontrak).

Untuk info lebih lanjut silahkan email ke: hanggadamai(at)gmail(dot)com dengan Subyek “Beli Lele”

atau telp (no sms) ke 085692061070 atas nama Hangga Damai.

NB: Postingan di copy paste dari blog sendiri disini

About these ads

Filed under: aku aneh, aku gembira, aku menangis, Bisnis, , , , ,

63 Responses

  1. ridu mengatakan:

    wah mengimplementasikan ilmu niih.. nice..

    goodluck ya buat usahanya

  2. Harjo mengatakan:

    Jiwa enterpreneuer yang patut ditiru, semoga sukses.

  3. yanti/ mama Aini mengatakan:

    Bisnis baru???
    Boleh juga tuh…

  4. gamma mengatakan:

    weey, lama ga maen kesini, tnyt lagi menjajal bisnis baru nih..suksess yaa.. :)

  5. indra kh mengatakan:

    Ujicoba bisnis yang bagus. Semoga berhasil.

  6. kutaraja mengatakan:

    boleh juga ni mas :)
    awak cari utangan dululah..

  7. fachri mengatakan:

    sedap-nyaaaaa kalo di goreng, eh di bakar juga..

  8. Luthfi mengatakan:

    Weh, baru tau kalo ada domain dkp.com :D
    itu nama latin juga di-italic dunks

  9. Menik mengatakan:

    Semoga sukses ya adek jelek… :mrgreen:
    Doaku menyertaimu

  10. ILYAS ASIA mengatakan:

    semoga kesuksesan menyertai ,,,:)

  11. reallylife mengatakan:

    kalo kirim ke Medan piye om?
    ongkosnya mahal yo?

  12. okta sihotang mengatakan:

    widiw, mantap mai, itu toh hasil ilmu selama ini ??, moga lancar ya usahanya.. :D

  13. emfajar mengatakan:

    semoga sukses dengan bisnis barunya :)

  14. sangjaka mengatakan:

    sukses ya Brondong Badung :D

    Semangat!

  15. yogi mengatakan:

    pak hangga sya butuh ikan lele untuk konsumsi %kuintal Isi 6-8/kg ada gak,kira2 harganya berapa pak,kalo ada tolong hub:08128416089,suses trus pedagang lele,trims

  16. yogi mengatakan:

    pak saya butuh perhari 5kuintal saya butuh infonya,trims

  17. Iman Brotoseno mengatakan:

    nyumbang pecel lele buat Pesta Blogger ya..

  18. isdiyanto mengatakan:

    wah jadi inget dah lama ga makan lele..he..he..he..

  19. ANNIE mengatakan:

    HArga perkilogram berapa ?

  20. ANNIE mengatakan:

    harga perkilogramnya berapa ?

  21. Bisnis mengatakan:

    kalo saya bilang lele gampang gampang susah saya pernah nyoba dan tidak untung penyebabnya banyak yang mati tapi itulah usaha harus coba dan coba lagi thanks ya

  22. budi mengatakan:

    Pak ! saya ada lele produksi 5 ton/hari uk.8-10 ekor, apakah saya bisa supply ke Bapak. Bila berminat tolong hub. 022-76123379

  23. krishna mengatakan:

    kalau kirim ke manado sulavesi utara bagaimana?
    ukuran berapa dan harga berapa sampai manado ?
    tkasih…

  24. ryankharisma88 mengatakan:

    Useful info, thanks . Friendship greetings …
    (By: http://ryankharisma88.wordpress.com)

  25. yusako mengatakan:

    Hangga Damaiii, saya ada kolam ikan di rumah, dulu pernah digunakan untuk nanam lele, namun, karena yang nangani kurang konsen, akhirnya merugi… Saya ingin kolam ini bisa bermanfaat, saya jadi kepengen ngajak bisnis… ;D kolam nya ada di daerah kampung di Parung, bogor.. kontak via e-mail yaa.. salam selalu…

  26. DEDEN mengatakan:

    Ass pak saya punya lahan kolam seluas 80 bata, pingin sekali usaha membesarkan lele jumbo.
    tapi apa daya tangan ta sampai buat modal awal nya
    barangkali di dalam hati bapa yg paling dalam ada minat buat ipestasi di kolam saya,tempat dan sirkulasi air nya sangat mendukung sekali, untuk itu barang kali bapa bisa membantu terma kasih.

  27. Abu La Tahzan mengatakan:

    Assalamualaikum…mas.! Aku pengusaha Herbal di jakarta. Aku asli lamongan…liat usaha lele mas aku jadi terpanggil untuk mulai bikin usaha aneka masakan berbahan utama lele khas lamongan dengan sistem waralaba. mudah2an nanti kita bisa kerjasama. trims

  28. solvapotter mengatakan:

    salam..
    saat ini saya menjual CD cara budidaya ikan lele dumbo yang benar, hanya dengan harga 50 ribu/CD. jika ada yang berminat silahkan hub.saya di 081-911857815 atau email rozi679@gmail.com.

    terima kasih

  29. zulhid perdana putra mengatakan:

    bagus juga nie….
    sukses….

  30. rey mengatakan:

    kami menjual bibit lele berbagai ukuran,dan kami menjual pakan alternatif sosis bs hrg 2500/kg,roti bs hrg 35000/karung,apabila ada yang minat hub 0852 1112 7767 rey bogor

  31. edi darmawan mengatakan:

    pak kita mau panen ikan lele konsumsi 1hari 10ton,bpa bisa ngangkat lele konsumsi kami tidak?kira2 bpa berani ngangkat hrg berapa /kg?lokasi kami di tambak bojong gede,abila bpa bisa ngangkat tlng hub 085211301130

  32. ---- mengatakan:

    IJAZAH PALSU

    Banyak sekali diantara kita semua yang terjebak dalam lubang pengangguran.
    Menyedihkan memang ketika kita berulang kali keluar masuk dari satu perusahaan keperusahaan lain namun hasilnya tepap sama,DITOLAK!!!.
    Mungkin juga diantara kita berfikir kenapa untuk menempuh jenjang pendidikan yang tinggi membutuhkan biaya yang tidak sedikit,bahkan cenderung makin menjerat.
    Sedangkan untuk memperolah pekerjaan yang layak baik di instansi pemerintah maupun perusahaan swasta selalu disyaratkan: MINIMAL D3 atau S1.
    Salah siapa?!
    Apakah anda ingin berubah?
    Atau ingin selalu dijajah?

    ANDA BUTUH IJAZAH UNTUK MELAMAR KERJA/MELANJUTKAN KULIAH/KENAIKAN JABATAN?!?!

    -SMU:3.000.000
    -D3:6.000.000
    -S1:8.000.000

    * AMAN, LEGAL, TERDAFTAR DIKOPERTIS, BISA UNTUK MASUK(PNS, TNI, POLRI).

    JUGA MELAYANI PEMBUATAN SURAT SURAT PENTING SEPERTI:SIM, STNK, KTP, REKENING BANK, SURAT TANAH, AKTE KELAHIRAN.BPKB, N1, SURAT NIKAH, DLL.

    SYARAT:KTP/SIM,FOTO BERWARNA DAN HITAM PUTIH,UNIVERSITAS YANG DITUJU,IPK YANG DIMINTA(MAX 3,50),TAHUN KELULUSAN YANG DIMINTA,ALAMAT PENGIRIMAN YANG DIMINTA.KIRIM KE:arief_gagah@yahoo.com

    BERMINAT?

    HUB: 085736927001.

    (HANYA UNTUK YANG SERIUS SAJA)

    Nb:Semua manusia berhak meiliki pekerjaan dan pendidikan yang layak,entah dari kalangan atas,menengah dan bawah.Maka dari itu kami ada untuk anda yang mebutuhkan ijazah atau surat-surat penting lainnya.

    TERIMAKASIH

  33. Herman mengatakan:

    DIBUTUHKAN SEGERA..!!!!!

    Lele konsumsi ukuran 6-7 ekor/kg sebanyak 2 kwintal secara rutin (minimal sebulan sekali).
    Diutamakan lokasi dekat wilayah Kota Tasikmalaya/Ciamis/Banjar/Banjarsari.
    Yang berminat silakan ajukan penawaran.
    hubungi :
    Herman
    E-mail : hermanhermana@yahoo.com
    Hp (sms): 081-323 848 222

  34. Yohan Wibisono mengatakan:

    Langkah awalnya apa ya mz?dan kendalanya?

  35. soen mengatakan:

    Sip, mantab……..

  36. zaenal mengatakan:

    Numpang beken ni:
    kami dari perusahaan probiotik, bagi rekan-rekan yang membutuhkan obat-obatan atau multivitamin untuk lele disini kami menyediakan untuk berbagai macam penyakit lele. bagi yang berminat bisa menghubungi kami di no telp. 022-935496789 / 081214144412. atau kirim emil; zemi14@yahoo.com

  37. zaenal mengatakan:

    Takesu Asia Pasific
    Kami perusahaan probiotik (obat-obatan) untuk Lele / Ikan air tawar.

    diantara produk kami:
    1. Waterpro
    Kandungan
    Bacillus subtilis, Bacillus licheniformis, Bacillus polymixa, Bacillus megaterium, Bacillus coagulans, Bacillus cereus, Bacillus alvei, Bacillus amyloliquefaciens, Bacillus brevis, Bacillus circulans, Bacillus firmus, Bacillus pumilus. Total bakteri 108 cfu/gram.

    Manfaat
    1.Menciptakan lingkungan tambak yang bersih dan sehat
    2.Menguraikan bangkai plankton dan limbah pakan
    3.Mempercepat proses penguraian limbah
    4.Mengendalikan perkembangan bakteri vibrio merugikan
    5.Menciptakan keseimbangan pH pada siang dan malam hari
    6.Mengeliminasi gas-gas beracun (ammonia, nitrit, hydrogen sulfide, dll.)
    7.Aman dan menguntungkan bagi ikan dan fitoplankton
    8.Tidak meninggalkan residu antibiotic dan kimia, serta ramah lingkungan.

    harga: Rp.150.000,-

    2. GrowVit (Multi Vitamin)
    Kandungan (per kg)
    Complex Amino Acid 250.000 mg, Yeast Extract 240.000 mg, Vitamin A 1100 IU,Vitamin B2 1700 mg, Vitamin B6 1000 mg, Vitamin B12 100 mg, Vitamin C 100.000 mg, Vitamin D 2500 IU, Niacin 2000 mg, Choline 500 mg, Methionine 1500 mg, Lysine 1500 mg, Calcium 5000 mg, Phosphor 1200 mg, Zinc 200 mg, Cobalt 01 mg, Selenium 20 mg, Iodium 100 mg, Molybdenum 10 mg, precursors 10.000 mg and other trace element 1.000 mg.

    Manfaat
    1.Melengkapi nutrisi essential untuk pertumbuhan dan kesehatan
    2.Meningkatkan kekebalan tubuh (imunitas)
    3.Mengoptimalkan daya cerna dan asupan nutrisi
    4.Meningkatkan pertumbuhan dan kesehatan
    5.Mencegah pertumbuhan terhambat karena defisiensi vitamin
    6.Mengatasi serangan penyakit dan stress

    harga : Rp. 190.000,-\

    bagi yang berminat bisa menghubungikami di no layanan
    022-93549678/08124144412. email. zemi14@yahoo.com

  38. Ginanjar mengatakan:

    Katalog Produk : BioHarvest ARIAKE
    Sudah teruji dan bersertifikat CoA
    Produk Jepang (Kyushu Medical. Co. Ltd. Japan)
    Formula probiotik dikhususkan untuk suplemen perikanan. campurkan ARIAKE pada pakan atau air setiap pagi hari. Fungsinya membantu proses pencernakan makanan dalam tubuh ikan/ udang, sehingga proses penyerapan nutrisi oleh usus menjadi lebih optimal, menyuburkan perairan, mengurai bahan organik di dasar kolam atau tambak.
    … Lihat Selengkapnya
    KEUNTUNGAN :
    Menghilangkan bau pada perairan tambak
    Pemberian pakan menjadi lebih optimal
    Memacu/ mempercepat pertumbuhan dan perkembangan ikan/ udang.
    Mutu daging ikan/ udang menjadi lebih baik.
    Panen relatif lebih cepat.
    Mencegah dan mengurangi pertumbuhan bakteri Vibrio sp.
    Mencegah penyakit yang disebabkan jamur, bakteri dan virus

    KANDUNGAN :
    Baciluss amyloliquefaciens D203 (spore) > 1 x 107 unit/gram

    Informasi dan Pemesanan :

    Hiqmat Ginanjar
    Email : ginanjar16@gmail.com
    Tlp. 081381772094 (Tlp/SMS)

  39. salam kenal mas..enak blog nya..gado-gado

  40. tanu mengatakan:

    Pak Zaenal … No Hp nya salah semua…..
    =====================
    Takesu Asia Pasific
    Kami perusahaan probiotik (obat-obatan) untuk Lele, Bandeng, Nila, dll (semua jenis ikan air tawa)

    =======================

    Apakah ada nomor lain yg bisa dihubungi….?

  41. Zaenal mengatakan:

    Bpk. Tanu
    maaf ini no saya yang bisa dihubungi 081221020429 (zaenal) atau bisa kirim email ke zemi14@yahoo.com

  42. Villas in lombok mengatakan:

    bisnis ini sangat mnguntungkan.buktinya nyata diindonesia banyak orang yang sukses dengan usaha semacam ini.

  43. riyanti mengatakan:

    Bagaimana saya mau mulai usaha ada ide, usaha apa ya yang aman cepat dan menguntungkan??

    Urgent

    • ryki m l mengatakan:

      he..eeee..e ada usaha yang mengguntungkan cepet dan aman saya jga mau kali ide nya jga dah dari dulu tpi apa ya klo ada kya gtu mau doang biar sama-sama mju.OK Makasih

  44. basuki rachmad mengatakan:

    Mohon informasi mas bagaimana caranya saya bisa membeli bibit lele apakah per 1000 ekor atau berapa trims

  45. agromania mengatakan:

    Bongkar rahasia ternak ikan lele yang benar dari NOL.
    http://www.cdbudidayalele.co.cc

  46. Zaenal Muttaqin mengatakan:

    Takesu Asia Pasific (Japan Technology)
    Animal Health And Nutrition Division
    Perusahaan bioteknologi yang sudah berpengalaman lebih dari lima tahun dibidang
    metabolisme bakteri, enzim, asam amino, bacteriosin dan produk metabolisme
    lainnya.
    adapun produknya :

    WaterPro (Rp. 85.000/lt)
    Kandungan Probiotik
    Bacillus Subtilis = menguraikan sisa pakan dan kotoran NH3 (amonia)
    Thiobacillus Denitrificans = menguraikan atau menghilangkan H2S (sulfur) didalam kolam
    Bacillus Licheniformis = menghilangkan danmembasmi bakteri merugikan.
    Rhodobacter Sphaericus = menetralisir H2S dan menguraikan bahan organik.

    Multi Enzim : enzim protease, enzim lipase. enzim amilase, enzim selulosa.
    manfaat ;

    - mengurangi pencemar sisa pakan dan kotoran
    - mengatasi penyakit jamur,protozoa, bakteri dan virus
    - menurunkan tingkat kematian
    - meningkatkan pertumbuhan

    aplikasi
    0.5/ml/minggu

    GoldenVit (Rp. 100.000,-/kg)

    Spesifikasi Produk:
    - Complex Amino Acid 250.000 mg = Protein esensial untuk pertumbuhan
    ikan
    - Yeast Extract 240.000 mg = Protein esensial untuk pertumbuhan &
    kekebalan tubuh.
    - Vitamin A 11.000 UI = Untuk pembentukan syaraf
    - Vitamin B2 17.000 mg = Berfungsi sebagai energi untuk beraktifitas
    - Vitamin B6 1.000 mg = Berfungsi sebagai energi untuk beraktifitas
    - Vitamin B12 100 mg = Berfungsi sebagai energi untuk beraktifitas
    - Vitamin C 100 .000 mg = Untuk Daya Tahan Tubuh atau kekebalan tubuh
    - Niacin 2.000 mg = Berfungsi untuk mempercepat pertumbuhan
    - Cholin 500 mg = Berfungsi untuk mempercepat pertumbuhan
    - Methionin 1500 mg = Berfungsi untuk mempercepat pertumbuhan
    - Lysin = Berfungsi untuk mempercepat pertumbuhan
    - Calsium 5.000 mg = Berfungsi sebagai mineral pembentuk rangka tulang,
    kepala dll
    - Phospor 1.200 mg = berfungsi sebagai mineral pembentuk tubuh
    - Zinc 200 mg = Berfungsi sebagai mineral pembentuk tubuh dan tulang
    - Cobalt 0.1 mg = Berfungsi sebagai kekebalan tubuh atau kesehatan ikan
    - Selenium 20 mg = Perangsang zat anti bodi didalam tubuh.
    - Iodium 100 mg = Berfungsi sebagai pembentuk kekebalan tubuh
    - Molybdenum 10 mg = Berfungsi sebagai pembentuk kekebalan tubuh
    - Precusor 10.000 mg = Hormon perangsang pertumbuhan.
    - Dll 1.000 mg
    Manfaat dari goldenvit sbb:
    - Melengkapi nutrisi esensial untuk pertumbuhan dankesehatan
    - meningkatkankekebalan tubuh (imunitas)
    - mengoptimalkan daya cerna dan asupannutrisi
    - meningkatkan pertumbuhan dan kesehatan
    - mencega pertumbuhan terhambat karena defesiensi vitamin
    - mengatasi serangan penyakit dan stress
    pemakaian produk
    1gr / kg pakan (1 kg untuk 1 ton pakan)
    bagi yang berminat produk kami bisa menghubungi di no

    081221020429 (zaenal)

  47. SWARA NIAGA mengatakan:

    Salam sukses … buat rekan-rekan yang pernah mengalami ikan lele banyak yang mati ataupun terserang penyakit seperti … cacar, bercak putih, sirip geripis, sungut putus, hilang keseimbangan, insang merah/hitam, perut buncit dll … kami menyediakan obat khusus untuk lele … dapat digunakan sebagai pengobatan ataupun pencegahan sejak masih bertelur hingga siap panen … hanya dengan mencampur di pakannya … obat ini telah teruji dan terbukti sejak tahun 2002

    SWARA NIAGA
    Kedungturi Permai S-15
    Sidoarjo – Jawa Timur
    081216179270
    Email: swaraniaga@yahoo.com

  48. obat alami paru-paru mengatakan:

    bisnis lele memang bisa jadi altenatif kegiatan baik sampingan maupun pokok,pasti kalau ulet akan ada hasilnya

  49. ali mengatakan:

    Salam buat para pecinta bisnis lele, kami menjual lele siap panen, ikan langsung ambil di Kolam..

    apabila ada yang minat hub :
    wilayah : sidoarjo
    harga : Rp. 11.000/nego
    info : 081231512121
    terima kasih buat pecinta lele, sukses slalu.

  50. hendrik mengatakan:

    saya mau coba usaha tambak lele bisa minta saran dan petunjuk’a thx

  51. winny mengatakan:

    Hai. Aq baru mulai tambak lele. Sdh 2,5bln tp blm bs dipanen krn ukurannya msh kurang besar. Ktnya 1kilo isi 5-7 br bs panen. Sdngkn lele yg aq ternak bmsh kecil. Kira2 1kg isi 10-12. Gmn yah caranya spy cpt besar. Gmn jg spy ga trllu lama panennya, krn kt org biasanya 2-3bln sdh bs panen.. Mkshh

  52. heru mengatakan:

    Salam …..
    Kami menjual mesin “Automated Feeder Fish (AFF) tipe SCW 38”
    - Untuk kolam Minimal 8 kolam
    - Dapat menakar pakan yang di sesuaikan laju perkembangan berat ikan
    - Memberikan pakan secara otomatis sesuai dengan keinginan dan waktu pemberian pakan.
    - Mudah di operasikan dengan 1 orang.
    - Garansi jasa perbaikan 6 bulan operasional (tidak terjadi kesalahan operasional / kerusakan fisik)
    - Pemberian pakan secara merata & terukur.
    - Dapat pembelian dapat di angsur sesuai kesepakatan
    Jika berminat bisa hub : Heru Sapto Purwoko (081914171713 / 08129997214)
    Email : heru_sapto2001@yahoo..com

  53. yusnan tuna mengatakan:

    saya yusnan tuna,saya bkrja d BP3I,ingin mnanyakan penyakit pda ikan lele salah satunya insang mrah/hitam,krna induk kami bnyak mati gara2 pnyakit itu.pnyakit itu biasanya dtang dsaat induk tlah d istrahatkan atau stlah d kawinkan,mhon agar bapak dapat memberikan solusi yg trbaik,trima kasih sblumnya.

  54. Ady dharma mengatakan:

    Sya btuh ikan lele sehari 2-4 ton size 6-8 ekor/kg skiranya ada hbngi ADY 02180788528 087722120362

  55. Saya pernah baca, usaha abon lele. Sukses juga. Bagi yang suka ternak lele, hasilnya bisa disetorkan di pembuat abon lele. Klop kan? Informasi yang bagus. Trims ya, selamat dan sukses selalu untuk Anda.

    Salam kompak:
    Obyektif Cyber Magazine
    (obyektif.com)

  56. Ramdani Usep mengatakan:

    Untuk obyektif cyber magazine kalau boleh tahu alamat pembuatan abon lele di daerah cikarang dimana yah? boleh dong sy minta resep cara bikin abon lele!

  57. Elliot mengatakan:

    This is the 3rd posting, of your website I really read.
    But I actually like this particular one, “Usaha Budidaya Tambak Lele | Hanggadamai’s Weblog” the very best. Cya -Darnell

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 54 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: